Recall Airbag

Honda 'Rogoh' USD605 Juta Selesaikan Recall Airbag

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 02 Sep 2017 09:30 WIB
honda mobil
Honda 'Rogoh' USD605 Juta Selesaikan <i>Recall</i> Airbag
Kecacatan airbag Takata mengenai hampir seluruh pabrikan mobil. Carscoops

Metrotvnews.com: Kecacatan inflator airbag Takata sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu dan hampir berefek kepada seluruh pabrikan otomotif dunia. Bahkan Honda baru-baru mengkalim mengeluarkan dana hingga USD605 juta untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Menurut Carscoops, dana tersebut tidak hanya mencakup mengenai pergantian inflator saja. Dana tersebut sudah termasuk klaim berbagai hal, serta kompensasi uang saku untuk upah yang hilang selama mobil diperbaiki serta menunggu.

Tercatat Honda akan memperbaiki sekitar 16,5 juta mobil di Amerika Serikat. 11,4 juta mobil kini sedang masa proses recall, sedangkan sisanya akan termasuk ke program recall selanjutnya.

Honda juga diminta mempercepat proses recall airbag karena sudah menyebabkan 18 orang meninggal. Terlebih Takata pun sudah dinyatakan bangkrut di awal 2017.

Selain Honda, empat pabrikan lainnya juga sudah mengumumkan kerugian yang mereka rasakan akibat kegagalan airbag. BMW, Toyota, Subaru, dan Mazda mengumumkan bahwa kerugian tersebut akibat kecacatan airbag mencapai USD553 juta.

Recall aibag Takata juga terjadi di Indonesia. Konsumen juga diharapkan untuk memeriksakan mobil miliknya di bengkel resmi segera, dan jika terdeteksi maka proses akan dilakukan secara cuma-cuma.


(UDA)