Industri Otomotif

Penjualan Toyota dan Mazda Menggembirakan di GIIAS

Ekawan Raharja    •    Rabu, 15 Aug 2018 10:26 WIB
industri otomotif
Penjualan Toyota dan Mazda Menggembirakan di GIIAS
Toyota raup 6.000 SPK selama 11 hari di GIIAS 2018. Toyota

BSD City: Suzuki dan Mitsubishi mengecap manisnya penjualan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, meski pun penjualan bisa terbilang menurun jika dibandingkan dengan penjualan di event sama tahun lalu. Kini giliran Mazda dan Toyota yang juga mengumumkan hasil manis mereka di pameran otomotif tahunan tersebut.

Mazda Indonesia mengumumkan berhasil menarik 1.079 surat pemesanan kendaraan (SPK). Angka ini bahkan diklaim meningkat 45 persen dibandingkan pencapaian di pameran serupa tahun lalu.

"Kontribusi terbesar dari total penjualan ini berasal dari Mazda CX-5, Mazda 2, dan Mazda CX-3 yang merupakan model favorit. Ini menjadi salah satu bukti kepercayaan masyarakat terhadap merek Mazda, dan kami berkomitmen sepenuhnya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada setiap pelanggan Mazda di Indonesia," Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia, Roy Arman Arfandy, melalui keterangan resminya.

Kontribusi penjualan selama GIIAS 2018 tertinggi diraih oleh Mazda Mazda CX-5 dengan total penjualan sebanyak 332 unit atau sekitar 31 persen, kontribusi tertinggi kedua adalah Mazda 2 dengan total sebanyak 206 unit atau sekitar 19 persen, disusul oleh Mazda CX-3 dengan total penjualan sebanyak 132 unit atau sekitar 12 persen.

Begitu juga dengan Toyota yang mengakui tak memasang target di pameran kali ini. Mesti tidak ada target, pemimpin pasar roda empat tanah air ini berhasil mengumpulkan 6.022 unit. Kontribusi terbesar berasal dari segmen kendaraan keluarga MPV yang mencapai 3.662 unit atau lebih dari 61 persen dari total SPK.

"Sebagai bentuk semangat Contribute to the Nation, keikutsertaan Toyota di GIIAS 2018 sengaja lebih ditekankan untuk memberikan wawasan yang lebih luas kepada masyarakat mengenai mobilitas masa depan, sekaligus mendukung sosialisasi kebijakan pengembangan industri otomotif nasional berbasis elektrifikasi," ujar Executive General Manager PT Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto, melalui pesan singkatnya Rabu (15/8/2018).

Sebelumnya Mitsubishi sudah merengkuh 4.509 SPK dari target 4.500 SPK. Sedangkan Suzuki berhasil memasang meraup 2.223 SPK, dari 1.000 SPK yang ditargetkan di awal.


(UDA)