Industri Otomotif

Imbas Dolar Melejit, Harga Mobil Impor Suzuki Naik Rp5 Jutaan

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 10 Sep 2018 10:13 WIB
mobil barusuzuki mobil
Imbas Dolar Melejit, Harga Mobil Impor Suzuki Naik Rp5 Jutaan
Produk impor Suzuki langsung terimbas menguatnya dolar. Dok. Medcom

Bogor: Meski kurs rupiah terhadap dolar tak lagi sampai Rp15 ribu, namun hal ini masih berimbas terhadap produk barang impor, termasuk mobil. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) misalnya, mereka sudah mulai melakukan koreksi harga.

Dikatakan Deputy Managing Director 4W SIS, Setiawan Surya, mereka sudah mulai melakukan koreksi harga terkait hal tersebut pada bulan ini. Namun harga jual yang berubah, khusus untuk produk-produk impor saja.

"Ya produk-produk yang kita impor seperti Baleno dan S-Cross itu sudah naik. Kenaikan harganya di angka Rp5 jutaan," ujarnya di sela peluncuran angkot modern Bogor, di Plaza Keboen Raya Bogor, Sabtu (8/9/2018).

Sedangkan produk lokal masih akan ditahan dari kenaikan harga, meski tak disebutkan akan sampai kapan Suzuki menahan harga jualnya. Setiawan pun akan menekan penjualan untuk mobil yang diproduksi lokal.

"Ya seperti Ertiga, kita belum optimal itu (penjualannya), sekarang masih diangka 2.000an, kalau Ertiga sebelumnya bisa 3.000an unit tiap bulannya, itu yang akan kita dorong lagi," ujarnya.

Pada September ini pula, Suzuki akan mulai melakukan ekspor Ertiga terbaru ke sejumlah negara, dan diharapkan bisa membantu kondisi yang ada saat ini. "Negara tujuannya lumayan banyak, ya nanti akan ada seremoni ekspor, nanti kita undang," tutupnya.


(UDA)