Industri Otomotif

2 Ekscavator Irit dari Caterpillar

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 01 Aug 2018 15:44 WIB
industri otomotif
2 Ekscavator Irit dari Caterpillar
Hydraulic excavator Cat 320 GC dan 320 Next Gen diklaim mampu menghemat ongkos operasional di lapangan. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Bogor: Sektor pertambangan dan proyek-proyek infrastruktur di berbagai daerah memberikan angin segar bagi industri otomotif alat berat/heavy equipment. Tren positif itu juga berdampak akan permintaan excavator baru yang kian meningkat.

Melalui PT Trakindo Utama, Caterpillar memperkenalkan hydraulic excavator generasi terbarunya. Cat 320 GC dan 320 Next Gen yang dilengkapi teknologi terkini serta irit bahan bakar.


“Sejak 2016 sektor infrastruktur dan tambang mulai menggeliat. Sepanjang 2017 market heavy equipmet mengalami peningkatan signifikan. Tahun ini market alat berat diprediksi mencapai 12.500 hingga 17 ribu unit," kata General Manager Marketing Forestry, Agriculture & Construction Trakindo, Rozy Andrianto, dalam peluncuran di Trakindo Training Center, Jl Raya Limus Nunggal, Kab. Bogor, Rabu (1/8/2018).

Cat 320 GC dan 320 Next Gen diklaim sebagai hydraulic excavator kelas 20 ton itu memiliki berbagai keunggulan yang dibutuhkan pebisnis pertambangan dan infrastruktur. Tak hanya lebih bertenaga dan lincah, tapi juga hemat bahan bakar.

Desainnya pun memudahkan pemeliharaan sehingga lebih efisien 15 persen dari pendahulunya. Khusus varian Cat 320 diklaim mampu menghemat biaya operasional, mampu meningkatkan efesiensi dan akurasi kerja hingga 45 persen.

Tahun ini permintaan akan alat berat diprediksi masih terus tumbuh sekitar 43 persen. Jasa konstruksi dan pertambangan masing-masing disebut berkontribusi sekitar 40 persen, akan kebutuhan excavator.

Tapi tentu saja untuk berebut kue tersebut, Trakindo harus berbagi dengan pemain alat berat lainnya seperti United Tractor, Sumitomo, GMTractor dan Volvo. Apalagi masing-masing produk yang diluncurkan, sudah punya kelebihan yang dianggap pas untuk bidang masing-masing.
 


(UDA)