Industri Otomotif

Keseksian Segmen LMPV di Pasar Otomotif Nasional

Ekawan Raharja    •    Jumat, 21 Jul 2017 14:55 WIB
industri otomotif
Keseksian Segmen LMPV di Pasar Otomotif Nasional
Avanza masih menjadi jawara di segmen LMPV. Doc MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Segmen low multi purpose vehicle (LMPV) merupakan pasar paling gemuk di bisnis otomotif Indonesia. Bahkan dalam beberapa waktu dekat ini, ceruk paling menggigurkan bagi produsen mobil tersebut bakal semakin ketat dengan ketambahan dua pemain baru.

Di pameran otomtoif nasional yang bakal berlangsung Agustus nanti (GIIAS 2017), Mitsubishi akan mulai masuk ke segmen LMPV dengan XM Concept yang sudah disempurnakan. Tidak cuma itu saja, Wuling juga sudah siap merecoki segmen padat ini dengan Confero S.

Dari sisi harga, Mitsubishi menawarkan LMPV terbarunya dengan harga yang mirip dengan para kompetitornya seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, atau Suzuki Ertiga dengan kisaran mulai dari Rp170-an juta hingga tertinggi di kisaran Rp250 juta-an. Wuling bahkan lebih berani dengan memasarkan Confero S dengan kisaran harga mulai dari Rp130 juta-an hingga Rp165 juta-an.

Lantas seberapa seksi segmen LMPV sehingga para agen pemegang merek banyak yang berlomba untuk bermain di segmen tersebut?

Melihat data wholesale GAIKINDO, di sepanjang 2016 segmen LMPV berhasil menjual 249.927 unit mobil. Angka ini berarti menyumbang sekitar 23,5 persen dari total pasar di tahun itu yang mencapai 1.062.716 unit.

Kemudian melihat performa di semester I 2017, LMPV sudah menyumbang 127.156 unit atau sekitar 23,7 persen total pangsa pasar. Meski performa segmen LMPV turun sekitar 8 persen di bandingkan tahun lalu, namun tetap saja segmen ini masih menasbihkan diri sebagai segmen paling laris.

Jika melihat performa model yang paling laris, Toyota Avanza masih menjadi primadona di angka 62.615 unit. Kemudian disusul oleh Honda Mobilio di angka 23.085 unit, disusul Daihatsu Xenia sebanyak 18.869 unit, dan Suzuki Ertiga terjual 17.998 unit.

Lantas akankah masuknya LMPV milik Mitsubishi dan Wuling bisa mengubah peta persaingan di segmen LMPV? Apakah Avanza tetap bercokol sebagai penguasa segmen LMPV? Tunggu saja babak baru segmen LMPV mulai Agustus 2017.


(UDA)