Mobil Baru

Beda Karakter Ayla 1.0 vs 1.2

Ekawan Raharja    •    Rabu, 19 Apr 2017 13:10 WIB
daihatsu
Beda Karakter Ayla 1.0 vs 1.2
Daihatsu Ayla kini ditawarkan dengan mesin 1.000 cc dan 1.200 cc. MTVN/Ekawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Daihatsu akhirnya melengkapi Ayla dengan varian mesin 1.200 cc. Meski sama-sama mengusung body compact, justru keduanya memiliki karakteristik dan segmen yang berbeda.

"Perkembangan Ayla selama tiga tahun telah melahirkan ekspektasi baru dari pengguna Ayla terus meningkatkan penampilan dan performa," ucap Senior Executive Director Astra Daihatsu Motor (ADM), Tsuneo Itagaki, di Vehicle Logistik Center ADM Sunter Jakarta.

Daihatsu Ayla 1.200 cc. MTVN/Ekawan Raharja

Ayla 1.200 menyasar konsumen yang masih muda. Karakteristik konsumen ini inginkan mobil yang memiliki performa, stylish, dan nyaman.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, Daihatsu akhirnya mencangkok mesin milik Daihatsu Sigra. Mesin 3NR-VE DOHC 1.197 cc 4-silinder Dual VVT-i dengan tenaga 86,7 daya kuda (dk) dan torsi 108 Nm menjadi senjata andalannya.

Daihatsu Ayla 1.000 cc. MTVN/Ekawan Raharja

Meski melahirkan Ayla yang lebih bertenaga, bukan berarti low cost green car (LCGC) 1.000 cc dihapuskan. Ternyata varian ini dinilai masih dibutuhkan oleh keluarga baru yang inginkan mobil perdana. Karakteristik konsumen ini inginkan mobil yang irit, nyaman, dan aman.

Oleh karena itu, mesin 1KR-DE DOHC 998 cc dengan tenaga 64,1 dk dan torsi 86 Nm masih dipertahankan. Namun perlu diingat bahwa mesin ini masih menganut tiga silinder.

Lantas apa alasan Daihatsu masih menggunakan teknologi tiga silinder di mesin 1.000 cc?

Mesin Daihatsu Ayla 1.000 cc. MTVN/Ekawan Raharja

‎Research & Development Division Head PT ADM, Pradipto Sugondo, menjelaskan mesin 1.000 cc lebih cocok menggunakan tiga silinder. Karena fungsi tiga silinder ini untuk membantu mesin saat putaran mesin di awal.

"Dengan tiga silinder akan membuat kerja crankshaft akan lebih ringan karena hanya memutar tiga piston. Sehingga tenaga di putaran awal akan lebih mudah didapatkan," terangnya.

Karakteristik mesin tiga silinder akan membuat putaran mesin lebih kasar dibandingkan dengan empat silinder. Namun hal itu tidak berarti signifikan dan merusak mobil.

Mesin Daihatsu Ayla 1.200 cc. MTVN/Ekawan Raharja

Sedangkan mesin 1.200 cc sengaja dibuat dengan empat silinder. Karena mesin ini jelas jauh lebih bertenaga dibandingkan mesin 1.000 cc. Sehingga empat silinder digunakan agar perputaran mesinnya lebih halus, tapi putaran tengah dan atasnya juga dapat.

Perlu diingat bahwa dua mesin ini memiliki keunggulan masing-masing. Tinggal konsumen memilih membutuhkan mobil yang lebih bertenaga atau mobil yang lebih irit bahan bakar.


(UDA)