Industri Otomotif

Nissan Kicks Bakal Pengganti Juke, Itu Hanya Rumor

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 18 Jun 2017 08:55 WIB
nissan
Nissan Kicks Bakal Pengganti Juke, Itu Hanya Rumor
Nissan Juke tak disuntik mati demi Kicks. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran kompak SUV baru Nissan yakni Kicks muncul pertama kali di pasar Amerika Latin. Mobil kompak SUV ini cukup diminati di pasaran sana, dan disebut akan dijual juga di negara-negara lain termasuk wilayah Asia.

Bahkan sempat disebutkan pula jika Kicks akan menjadi pengganti Juke, yang penjualannya terus drop. Budi Nur Mukmin, GM Marketing & Strategy Planning PT Nissan Motor Indonesia (NMI) justru mengatakan itu hanya rumor.

"Keduanya produk yang berbeda, gosip di luar Juke disuntik mati diganti Kicks itu hoax. Juke itu produk yang mementingkan emosional, jadi dia mementingkan desain, performa, sedangkan Kicks dia juga pentingkan unsur fungsional," katanya beberapa waktu lalu di Menteng, Jakarta.

Atas hal itu maka keduanya bermain disegmen berbeda. "Kalau bicara positioning, seperti di Amerika Latin, harga Juke itu lebih mahal daripada Kicks. Jadi mereka berbeda dari sisi positioning, fungsionality dan harga juga beda," lanjutnya.

Mengenai penjualan, Juke saat ini tak sebesar sewaktu awal-awal diluncurkan. Dulu setiap bulannya Juke sempat terjual 1.000-1.500 unit, sedangkan saat ini hanya dikisaran 100-200 unit.

"Ya karena pasarnya saat ini mementingkan unsur emosional, jadi memang sangat terbatas. Memang tugas kita untuk meningkatkan kemampuan berkompetisinya lebih meningkat," ujar Budi lagi.

Saat ini Juke berada di segmen Low SUV, yang berisikan Honda HR-V dan BR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios hingga Chevrolet Trax. Saat ini duet produk Honda yang jadi pemimpin pasar segmen ini.


(UDA)