Komponen Otomotif

Menjajal Kehandalan Michelin Pilot Sport 4S di Sirkuit

Ekawan Raharja    •    Minggu, 30 Jul 2017 10:45 WIB
michelin
Menjajal Kehandalan Michelin Pilot Sport 4S di Sirkuit
Michelin Pilot Sport 4S di uji coba di Sirkuit International Sentul dengan menggunakan Mercedes-Benz E250. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Sentul: Michelin Indonesia baru saja meluncurkan ban dengan performa tinggi yakni Pilot Sport 4S. Si karet bundar satu ini di klaim memiliki kemampuan tinggi dan di desain untuk sportcar.

Tim redaksi Metrotvnews.com mendapatkan kesempatan untuk menjajal ban terbaru Michelin di Sirkuit Internasional Sentul Bogor sepanjang 4,12 kilometer (km). Pilot Sport 4S disematkan di Mercedes-Benz E250 yang memiliki tenaga hingga 207 daya kuda.

Sejumlah tantangan sudah dipersiapkan di sepanjang lintasan balap. Mulai dari trek lurus, tikungan dengan karakter kecepatan tinggi, slalom, hingga hard braking untuk mengetes daya cengkram ban.

Secara ban keseluruhan ban sangat menggigit aspal sirkuit. Tidak terasa sedikit pun ban kehilangan daya cengkram meski kecepatan mobil sudah melesat hingga 100 kilometer per jam. Hanya saja perlu diakui noise dari ban masih masuk ke dalam kabin mobil, meskipun mobil sekelas E-Class.

Masuk ke tikungan high speed, di atas 80 kilometer per jam (kpj) ban juga tidak terasa kehilangan traksi sedikit pun. Mobil bisa berbelok dengan baik, tanpa banyak koreksi di lingkar kemudi.

Begitu juga slalom dengan tikungan patah, yang di desain dengan menggunakan cone. Meski masuk ke dalam tikungan dengan kecepatan mencapai 50 kpj, bagian buritan tidak ada terasa buangan yang lebih dan ban depan juga nurut dengan pengemudi.

Lantas bagaimana dengan kemampuan pengereman di lintasan basah dan kering? Tim Metrotvnews.com dan beberapa rekan wartawan lainnya mencoba melakukan pengereman mendadak di kecepatan mobil sekitar 80-90 kpj. Hasil di lintasan kering rata-rata mobil membutuhkan jarak 22 meter untuk berhenti total, dan di lintasan basah membutuhkan jarak 28 meter untuk berhenti total.

Bisa dibilang ban ini memang memiliki kemampuan high performance dan sangat tepat untuk mobil-mobil dengan tenaga lebih dari 200 daya kuda. Menilik ukuran tersedia mulai dari ring 19 inci hingga 21 inci, dengan 34 pilihan ukuran. Michelin Indonesia membanderol Pilot Sport 4S dengan harga mulai dari Rp5 juta.



(UDA)