Mobil Baru

Intip Debut All New XC40 di Frankfurt

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 19 Sep 2017 14:47 WIB
volvo
Intip Debut All New XC40 di Frankfurt
Volvo All-New XC40 debut di Frankfurt Motor Show 2017. Carcoops

Metrotvnews.com: Volvo All New XC40 akhirnya nongol di Frankfurt Motor Show (FMS) 2017. Lalu apa saja yang membedakan All New XC40 dibanding model sebelumnya? Berikut beberapa perubahan yang ada di mobil dengan genre SUV tersebut berdasarkan laporan Carsoops.

Penampilan mobil dengan penampakan garang ini tidak banyak mengalami perubahan bentuk dibanding model yang ada sebelumnya. Hanya ada beberapa sedikit penambahan di sana-sini yang terbilang minor. 

Dengan begitu mobil ini bisa dikategorikan hanya mengalami facelift. Perubahan yang paling mencolok terlihat di bagian spion, dan pegangan/handle pintu bagian belakang yang mendapat desain baru.

Di bagian kabin, dashboard-nya mengadopsi desain XC60 dan XC90 dengan penambahan layar sentuh besar yang mendominasi konsol tengah, yang terlihat lebih simpel dan lebih rapih. Kabin XC40 juga disebut memiliki kesan lebih santai dari pada saudara kandungnya yang lebih besar.

Volvo mengatakan, desain kabin XC40 baru menjadikannya lebih praktis dan fungsional. Sebagai contoh, dengan dipindahkannya letak speaker yang biasa terdapat di pintu ke tempat lain. Itu karena orang Swedia mengatakan, bahwa kompartemen atau ruang penyimpanan barang baiknya tersedia di pintu. 

XC40 adalah mobil pertama yang didasarkan pada Compact Modular Architecture (MCA), yang penggarapannya dikerjakan bersama Volvo Tiongkok, Geely. 

Sayangnya sampai sekarang detail mesin belum juga diumumkan. Namun kemungkinan besar powertrain XC40 menawarkan pilihan mesin tiga silinder 1.5 liter yang diyakini mampu menghasilkan tenaga sebesar 180 daya kuda berkat bantuan sistem turbocharged dan mesin Drive-E empat silinder. 

Lalu mesin 2.0 liter empat pot yang diklaim bisa menyemburkan tenaga sebesar 240 daya kuda, dan 1.5 liter plug-in hybrid bertenaga 250 daya kuda, bersama pemasangan 7-speed dual-clutch automated transmission. 

All-New XC40 ini diharapkan tersedia di Amerika Serikat akhir 2017 atau awal 2018. Dan sebagai crossover kompak, XC40 bakal jadi rival bagi Audi Q3, BMW X1, dan Mercedes-Benz GLA di segmen mewah. 


(UDA)