Rekor Otomotif Dunia

Pria Afrika Selatan Ini Pecahkan Rekor Mobil 'Ngepot'

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 25 Jun 2017 16:07 WIB
rekor dunia
Pria Afrika Selatan Ini Pecahkan Rekor Mobil 'Ngepot'
Mobil ini memecahkan rekor terlama drifting. Topgear

Metrotvnews.com: Keindahan melihat mobil ngepot di ajang balap drifting memang bagaikan candu. Mobil bertenaga besar dengan gelegar suara knalpot yang merdu, berpadu dengan raungan mesin turbo menjadi daya tarik.

Tapi kali ini bukan soal adu keterampilan mobil ngepot, namun pecahnya rekor terlama drifting. Pria asal Afrika Selatan, Jesse Adams menggunakan Toyota 86 standar, sukses ngepot dengan mobilnya selama hampir enam jam tanpa henti.

Aksi Jesse ini dilakukan selama lima jam 46 menit di Gerotek Testing Facility di Pretoria, Afrika Selatan. Total Jesse melakukan drifting dengan berputar sebanyak seribu putaran, dengan jarak tempuh 168.502 kilometer.

Rekor sebelumnya dipegang Harald Muller, pria Jerman yang juga menggunakan mobil yang sama. Muller menempuh jarak total 144.126 kilometer, atau lebih rendah 24.376 kilometer dari rekor terbaru milik Jesse.

Dalam melakukan aksinya, Jesse dilarang berhenti ngepot dengan cara memutari area trek. Jika mobil berhenti ngepot sebentar saja, maka catatan waktu hangus, dan harus ulang sejak awal.

Selama proses memecahkan rekor ini, Jesse mencatatkan kecepatan rata-rata 29 kilometer per jam dengan waktu 21,8 detik untuk menyelesaikan satu putaran. Ada yang berani pecahkan rekor Jesse?


(UDA)