Pasar Pick Up Nasional

Daihatsu Belum Berminat Main di Segmen Pick Up Kecil

Ekawan Raharja    •    Selasa, 20 Sep 2016 15:12 WIB
daihatsu
Daihatsu Belum Berminat Main di Segmen Pick Up Kecil
Daihatsu Hijet Micro yang menjadi andalan di Jepang. Daihatsu

Metrotvnews.com, Jakarta: Segmen pick up berkapasitas di bawah 1.000 cc hanya diisi oleh Tata Motors. Tampak potensial, lantaran dengan memasuki segmen ini, Tata Motors bisa komitmen penuh untuk pasar nasional. Meski demikian, Daihatsu belum tertarik untuk merecoki segmen tersebut.

Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, menjelaskan belum memiliki rencana di sana. Menurutnya pasar di segmen pikap 1.000 cc masih sepi. Padahal dari sisi kesiapan dan kemampuan manufakturing Daihatsu, rasanya tidak akan sulit untuk membuat mobil pick up kapasitas mesin kecil. Tinggal mencari kesesuaian konfigurasi tenaga dan performanya saja.

"Sudah kita pelajari segmen di bawah 1.000 cc, itu sepi jadi kami tidak bermain di sana," ujarnya saat ditemui Selasa (20/9/2016) di Dealer Daihatsu Kelapa Gading Jakarta.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa masyarakat Indonesia lebih memilih mobil pick up dengan kapasitas 1.000 cc. "Saat ini Daihatsu sedang melakukan studi di pasar tersebut. Kalau kemungkinan selalu ada."

Daihatsu Jepang memiliki pick up berkapasitas kecil yakni Micro Hijet sejak 2014. Mobil kei truck ini menggunakan mesin 660 cc 3-cylinders DOHC dengan tenaga 62 daya kuda.

Segmen pick up di bawah 1.000 cc saat ini hanya di isi Tata Ace EX2 bermesin 2-silinder 702 cc yang dijual Rp 80 juta. Keunggulannya adalah karena mengadopsi mesin micro diesel, sehingga lebih tangguh di ajak untuk mengangkut bobot yang berat. Sementara Daihatsu, atau brand mobil lainnya belum ada yang bermain di segmen mesin micro diesel.


(UDA)