Lalu Lintas

Kota-Kota ini Dianggap Paling Aman Berlalu-Lintas

Ekawan Raharja    •    Selasa, 17 Oct 2017 17:44 WIB
lalu lintas
Kota-Kota ini Dianggap Paling Aman Berlalu-Lintas
Kondisi jalanan tol Cikampek saat arus mudik. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Metrotvnews.com: Indonesia Road Safety Award (IRSA) kembali di gelar untuk kelima kalinya. Kali ini mereka mengumumkan 23 finalis kota dan kabupaten dengan status penataan tata kelola keselamatan jalan terbaik.

Di gelaran IRSA 2017 kali ini, tercatat sebanyak 120 kota dan kabupaten yang ikut serta di ajang ini. Kemudian setelah melakukan serangkaian penilaian, akhirnya terpilih 23 kota dengan status penataan tata kelola keselamatan jalan terbaik.

Penilaian dilakukan berdasarkan data-data keselamatan seperti jumlah penduduk, luas wilayah jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya. Kemudian IRSA juga menurunkan tim untuk melakukan observasi lapangan dan survei terhadap kepuasaan pengguna jalan.

Nantinya tentu akan dilakukan penilaian lagi untuk menentukan kota atau kabupaten dengan  tata kelola keselamatan jalan terbaik. Penilaian akan melibatkan para juri yang berisikan lima pilar keselamatan jalan raya dan pakar road safety.

Polisi sedang mengatur lalu lintas. ANTARA/M Agung Rajasa

IRSA 2017 merupakan rangkaian program corporate social responsibility dari Adira Insurance yang bertajuk kampanye I Wanna Get Home Safely!. Kampanye ini digagas bertujuan untuk menurunkan angka kecelakaan di Indonesia serta terus berupaya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat baik pemerintahan, pihak lembaga swadaya masyarakat, pihak swasta, dan berbagai pihak lainnya untuk terus peduli terhadap keselamatan jalan.

“Semangat dari program IRSA adalah untuk memberikan dukungan kepada pemerintah kota dan kabupaten agar terus bekerja keras menerapkan pilar-pilar keselamatan jalan di lingkungan pemerintahannya sehingga tercipta keselamatan jalan yang aman dan selamat,” Chief Executive Officer Adira Insurance, Indra Baruna, melalui keterangan resminya.

Tahun ini IRSA diselenggarakan dengan berbagai pengembangan guna meningkatkan kualitas pelaksanaan program. Perubahan kategorisasi yang sebelumnya terbagi berdasarkan jumlah penduduk menjadi berdasarkan kepadatan penduduk.

Hal ini dilakukan karena kepadatan penduduk adalah salah satu faktor yang turut menentukan tinggi rendahnya fatalitas kecelakaan pada suatu kota dan kabupaten. Selain itu pembagian kategori berdasarkan kepadadatan penduduk bertujuan menciptakan kompetisi yang semakin setara antara kota dan kabupaten peserta IRSA 2017.

23 Finalis Kota/Kabupaten IRSA 2017:
Kota dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi

1.Kota Bogor
2.Kota Banjarmasin
3.Kota Tangerang Selatan
4.Kota Jakarta Selatan
5.Kota Tangerang

Kota dengan tingkat kepadatan penduduk rendah
1.Kota Samarinda
2.Kota Semarang
3.Kota Bitung
4.Kota Padang
5.Kota Metro

Kabupaten dengan tingkat kepadatan penduduk tinggi.
1.Kabupaten Karawang
2.Kabupaten Sukabumi
3.Kabupaten Cianjur
4.Kabupaten Pacitan
5.Kabupaten Pekalongan

Kabupaten dengan tingkat kepadatan penduduk rendah
1.Kabupaten Bangka
2.Kabupaten Sintang
3.Kabupaten Banyuasin
4.Kabupaten Tanah Datar
5.Kabupaten Tana Toraja

Kategori Khusus
1.Kota Balikpapan
2.Kabupaten Jepara
3.Kota Surabaya


(UDA)