Penjualan Mobil

Honda Brio Bakal Sulit Tekuk Penjualan Suzuki Ignis

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 18 Oct 2017 13:19 WIB
suzuki mobil
Honda Brio Bakal Sulit Tekuk Penjualan Suzuki Ignis
Ignis unggul 975 unit dari Brio. Dok. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehadiran Suzuki Ignis seakan menjadi pilihan baru di antara city car, yang memiliki bentuk sporty atau imut-imut. Mobil satu ini punya tampilan gagah ala SUV.

Barangkali hal inilah yang membuat Ignis mampu merebut kursi penguasa segmen city car dari Honda Brio. Jagoan Honda ini takluk, jika dilihat dari data distribusi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada September 2017.

Selama sembilan bulan tahun ini, Brio terdistribusi sebanyak 8.717 unit, atau hanya 797 unit pada September. Tipe Brio RS 1.2 AT jadi yang paling banyak dikirimkan, dibandingkan tipe manual.

Sedangkan Ignis, hanya tujuh bulan distribusi, angka totalnya sudah mencapai 9.692 unit, dan 1.412 unit pada September saja. Tipe GX 1.2 AT banyak diminati, begitu pula dengan GX 1.2 MT.

Jelas Brio akan sulit menekuk Ignis di akhir tahun ini, karena Ignis yang jualan dua bulan lebih singkat, sudah mampu melewati angka Brio sepanjang tahun ini. Honda harus memikirkan strategi lainnya untuk merebut kembali tampuk kekuasaan segmen city car.

Total penjualan keduanya berturut-turut diikuti oleh Nissan March 1.2 (1.828 unit), Mitsubishi Mirage (1.532 unit), Daihatsu Sirion (1.265 unit), Toyota Etios (612 unit), Renault Kwid (138 unit), Kia Picanto (110 unit), Nissan March 1.5 (109 unit), Hyundai i10 (99 unit).

Mobil perkotaan ini menargetkan konsumen seperti anak muda dan wanita. Dengan dimensi yang kompak, mobil jenis ini lebih mudah untuk dikemudikan di jalanan padat perkotaan.


(UDA)