Mobil Listrik

Nissan Leaf MY 2018, Lebih Kuat dan Canggih

Ekawan Raharja    •    Senin, 26 Mar 2018 13:13 WIB
mobil listrik
Nissan Leaf MY 2018, Lebih Kuat dan Canggih
Nissan hadirkan Leaf MY 2018 dengan tenaga yang lebih kuat dan teknologi yang lebih lengkap. Nissan

Jepang: Mengkilapnya penjualan Nissan Leaf di beberapa wilayah di dunia membuat pabrikan asal Jepang ini agresif melakukan pengembangan. Hasilnya mobil listrik model year (MY) 2018 tersebut kini memiliki tenaga yang lebih kuat dan juga lebih canggih dibandingkan versi sebelumnya.

Secara penampilan mungkin Nissan tidak banyak melakukan perubahan. Tetapi untuk urusan performa dan fitur yang ditawarkan, rival BMW i3 dan Chevrolet Bolt ini ketambahan banyak teknologi baru.

Mulai dari motor listrik yang digunakan, saat ini hadir dengan tenaga yang mencapai 147 daya kuda. Kemudian di sektor baterai juga sudah menggunakan ukuran 40 kWh.

Efeknya, akselerasi 0-100 kilometer per jam sudah cukup 8,2 detik. Sedangkan membahas jarak tempuhnya, saudara Renault dan Mitsubishi ini mengklaim tembus 378 kilometer dengan kondisi baterai terisi penuh.

Sejumlah peningkatan yang dilakukan membuat cara mengemudikan Leaf semakin menyenangkan. Terlebih fitur e-Pedal yang disematkan bisa terasa dan membuat handling mengemudi lebih baik.

Salah satu yang mengejutkan adalah Nissan menyematkan teknologi ProPilot System. Ini artinya Leaf terbaru sudah memiliki DNA mobil otonom, dan bisa digunakan di beberapa kondisi jalanan.

Tentu pengembangan yang mereka lakukan agar penjualan mereka tetap terjaga. Bahkan hingga saat ini sudah ada 19 ribu unit Leaf beredar di Eropa, dan setiap 12 menit terjual 1 unit Leaf.

Nissan juga sudah memiliki rencana untuk memasarkan Leaf di negara-negara Asia Tenggara. Kira-kira kapan masuk ke Indonesia? 


(UDA)