Industri Otomotif

Geely Holding Resmi Miliki Saham Volvo Trucks

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 29 Dec 2017 13:54 WIB
volvogeely
Geely Holding Resmi Miliki Saham Volvo Trucks
Geely membeli 8,2 persen saham Volvo Trucks. Volvo

Tiongkok: Produsen otomotif Tiongkok, Geely Holding mengumumkan telah memiliki Volvo Cars. Hal itu ditandai dengan kepemilikan saham di Volvo Trucks sebesar 8,2 persen. Dilansir Carscoops, Geely Holding membeli saham Volvo Trucks senilai USD3,3 miliar atau sekitar Rp44,5 triliun, dengan harga pasar saat ini. 

Sementara Reuters melaporkan, Cevian Capital telah setuju untuk menjual 8,2 persen saham Volvo Trucks ke Geely Holding, namun kedua perusahaan tidak mengungkapkan nilai transaksi tersebut.

Dengan begitu, Geely Holding menjadi pemegang saham mayoritas di Volvo Trucks, dan memiliki  hak suara terbesar kedua setelah investment firm Industrivarden.

Pengalaman Geely dalam pengembangan kendaraan listrik dan otonom diharap dapat membantu pembuat truk Swedia itu untuk terus berkembang. Geely juga disebut memiliki 45 persen saham Dongfeng, salah satu perusahaan truk terbesar di Tiongkok.

"Mengingat pengalaman kami dengan Volvo Car Group, kami menyadari dan menghargai sejarah dan budaya Skandinavia yang membanggakan, memimpin posisi pasar, teknologi terobosan dan kemampuan lingkungan dari AB Volvo," kata Geely Holding Chairman, Li Shufu, seperti dirilis Carscoops.

Geely menegaskan bahwa tidak ada rencana untuk menghubungkan Volvo Cars dengan Volvo Trucks, karena dua perusahaan tersebut sudah dipisah sejak 1999.




(UDA)