Industri Otomotif

Konten Lokal Xpander Capai 70 Persen

Ekawan Raharja    •    Jumat, 06 Oct 2017 07:28 WIB
mitsubishi
Konten Lokal Xpander Capai 70 Persen
Mitsubishi menargetkan Xpander memiliki kandungan komponen lokal mencapai 70 persen. Mitsubishi

Metrotvnews.com, Cikarang: Pabrik Mitsubishi di Indonesia sudah mulai memproduksi Xpander. Mereka juga menargetkan kandungan lokal komponen Xpander, lebih tinggi lagi tahun depan.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), Takao Kato, mengklaim bahwa saat ini kandungan lokal komponen Xpander mencapai 65 persen. Namun ada target untuk meningkatkan kandungan lokal hingga 70 persen.

“Sekarang masih 65%. Tahun depan lebih dari 67%, dan selanjutnya hingga 70%,” kata Takao Kato di pabrik Mitsubishi Cikarang, Bekasi, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Sayangnya pria asal Jepang ini masih menuntup rapat komponen mana saja yang sudah menggunakan komponen hasil produksi dalam negeri. Mereka hanya memastikan bahwa pabrik mereka sudah membuka 12 ribu lowongan kerja dan pemasok komponen lokal.

Takao Kato memastikan kualitas rival Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio ini juga terjaga meski sudah menggunakan banyak komponen lokal. Bahkan mereka mengklaim standar produknya tetap sama dengan produk yang diproduksi di Jepang.

"Tidak ada masalah dengan kualitas. Kami tak ingin bermain-main dengan kualitas mobil yang keluar dari pabrik. Sekarang kualitas sudah sama dengan standar kualitas pabrik Mitsubishi di seluruh dunia," tambahnya.

Dia yakin dengan hal ini karena tahun depan Xpander yang hanya lahir dari pabrik Cikarang bakal mulai diekspor. Bahkan MMKI sudah menyediakan jatah 20 ribu unit per tahun, dari total kapasitas produksi Xpander yakni 80 ribu unit per tahun, untuk pasar ekspor.


(UDA)