Modifikasi Motor

Yamaha XSR900 Abarth, Cukup Sentuhan Minimalis

Ainto Harry Budiawan    •    Minggu, 29 Jul 2018 10:51 WIB
modifikasi motor
Yamaha XSR900 Abarth, Cukup Sentuhan Minimalis
Yamaha XSR900 Abarth, cuma satu di Indonesia. Medcom/ A. Harry Budiawan

Jakarta: Sebuah motor edisi terbatas yakni Yamaha XSR900 Abarth resmi dimiliki Joddy Ario. Motor ini tak dijual resmi di Indonesia oleh Yamaha, sehingga pria warga Jakarta Timur ini harus membelinya lewat importir umum.

"Kenapa pilih motor ini karena ini edisi terbatas, Abarth-nya itu jadi daya tarik sendiri. Biasanya kolaborasi kaya gini dari brand-brand Eropa seperti MV Agusta AMG," kata Joddy.

Alasan lainnya adalah karena motor ini didesain sendiri oleh Abarth, yang merupakan merek mobil asal Italia. "Itu jadi daya tariknya, walau di sini ada Kawasaki Z900RS, kayanya XSR900 Abarth ini cuma satu-satunya di Indonesia," tambahnya.

Versi standar dari XSR900 merupakan motor bergenre retro modern dengan mengusung mesin tiga silinder dari MT-09. Lampu bulat depan-belakang tanpa pembungkus', jok panjang yang bisa dipakai berboncengan.

Bedanya dengan versi standar dan Abarth adalah penggunaan bodi serat karbon depan-belakang, serta spakbor. Knalpot Akrapovic titanium jadi bawaan motor ini, kemudian posisi setang yang dibuat menekuk rendah.

Motor yang muncul pertama kali 2016 lalu pada gelaran EICMA di Milan, Italia itu tak luput dari modifikasi. Maklum, Joddy juga pemilik bengkel modifikasi bernama JDM Project di Jatiwaringin, Jakarta Timur.

"Ubahannya minimalis saja, karena motor ini aslinya sudah keren banget. Cuma menambah dan ganti dengan aksesoris yang fungsional, tidak dibuat aneh-aneh," ujar pria berkacamata tersebut.

Ubahannya mulai dari lampu depan dengan Daymaker, lampu ini persis yang digunakan pada Harley-Davidson modern. Bentuk bulat tapi punya DRL dan sejumlah projector kecil di dalamnya agar pencahayaan lebih fokus.

Kemudian master rem Brembo RCS19 dan Brembo Acosssato Racing untuk koplingnya. Cover radiator pakai R&G dan kaca spion diujung setang racikan Rizoma.

Tapi motor yang masih menunggu surat-suratnya ini, kabarnya sudah  berpindah tangan. "Motor baru datang, eh ada teman langsung berani bayarin hehehe..." tutupnya.

Untuk lebih lanjut mengenai motor Yamaha XSR900 Abarth ini, bisa klik link beritanya disini. 


(UDA)