Modifikasi Motor

Iconic Bike Bermesin W, Karya Tiga Builder Beda Negara

Ahmad Garuda    •    Minggu, 12 Nov 2017 15:24 WIB
modifikasi motorkontes modifikasisuryanation motorland
<i>Iconic Bike</i> Bermesin W, Karya Tiga <i>Builder</i> Beda Negara
Tiga builder beda negara ini berkolaborasi membangun sebuah motor yang punya filosofi tinggi. Naikmotor (Gilang Satria)

Surabaya: Membangun sebuah motor dengan menyamakan visi terlebih dahulu dan berada di lokasi yang sama, mungkin tidak akan berlangsung lama. Namun apa jadinya jika builder ditantang berkolaborasi namun dalam lingkup negara yang berbeda.

Hal inilah yang ditunjukkan dua builder ternama nasional yaitu M. Yusuf Adib dari Psycho Engine Purwokerto, lalu Lulut Wahyudi dari Classic Retro Cycle Jogja dan builder kenamaan asal Jepang, Kaichiroh Kurosu dari Cherrys Company. Mereka menjawab tantangan Suranantion Motorland untuk berkolaborasi membuat motor dari basis mesin Harley-Davidson Sportster 883.

"Saya hanya ingin bilang bahwa mesin dengan konfigurasi W yang dibangun Yusuf ini, adalah mesin pertama di dunia berbasis H-D. Jujur saja, tingkat kesulitannya adalah membuat motor dari hasil imajinasi tentang dimensi bodi hingga mounting-mounting-nya. Tapi dengan perkiraan tepat diberikan sang pembuat mesinnya, saya mulai menggarap prototipe rangkanya," klaim Lulut lewat keterangan resmi.

Lulut menegaskan bahwa sementara Ia membangun rangka, Ia juga memberikan gambaran lengkap tentang struktur rangka yang Ia buat kepada Kurosu untuk dibuatkan paket bodi motor yang pas. Sehingga terciptalah iconic bike yang memang sesuai dengan keinginan masing-masing.

"Paling menyita waktu adalah sektor mesin. Karena banyak hal yang saling berkaitan. Saya optimis mesin ini akan jadi dan durabilitasnya bisa kami pastikan karena rumusnya itu sama, ilmu tetap yaitu satu ditambah satu ya jawabannya pasti dua, begitu juga dengan menambah konfigurasi mesin," timpal Yusuf Adib sang builder.

Tentang spesifikasi mesin, Yusuf mengungkapkan bahwa membuat mesin dengan spek V-Twin jadi berkonfigurasi W, pada prinsipnya tidak hanya tambah satu silinder saja. Namun Ia melakukan serangkaian penyesuaian, agar kinerja mesin yang Ia kerjakan sesuai dengan ekspektasi.

"Banyak bagian yang kami custom ulang, misalnya setang seher, kruk as di-custom ulang dan ditambah level ketebalannya dan lebih berat hingga selisihnya mencapai 3 kg. Basis mesin punya Sportster 883 tahun 2004 itu sekarang punya kapasitas mesin 1.324 cc," imbuh Yusuf lagi.

Tentang pemilihan mesin, Ia mengungkapkan bahwa konfigurasinya nanti akan ada 5 kem, tidak jadi 6. Logikanya kan harus 6 kem dan 6 valve, tapi ini hanya pakai 5 kem, makanya motor ini jadi istimewa. Orang-orang Skandinavia juga sudah banyak yang membuat konsep-konsep unik, tapi mereka bilang bahwa saya gila juga."

Ide gila itu juga yang membuat Yusuf harus menolak sebagian pesanan yang masuk ke bengkelnya karena Ia mengerjakan semua hal di mesin sendirian. Lantaran hanya Ia yang mengerjakan setiap pesanan mesin yang masuk ke bengkelnya.



(UDA)