Modifikasi Mobil

Ingin Bangun Mobil Offroad? Siapkan Dana Rp400 Jutaan

Ekawan Raharja    •    Selasa, 19 Sep 2017 15:31 WIB
modifikasi mobil
Ingin Bangun Mobil Offroad? Siapkan Dana Rp400 Jutaan
Bangun sebuah mobil offroad, butuh budget minimal Rp400 juta, itu belum termasuk mobil. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Dunia offroad, khususnya adventure offorad, tentu tidak pernah kehilangan peminatnya. Bahkan peminat salah satu cabang motorsport ini semakin bertambah dari waktu ke waktu. Lantas berapakah dana yang dibutuhkan untuk membangun sebuah mobil offroad yang siap diajak berpetualang?

Chief Scrutineering IOX Celebes 2017, TB Adhi, membeberkan bahwa untuk kebutuhan membangun mobil offroad, minimal dananya sekitar Rp400 juta hingga Rp500 juta. Perlu diingat bahwa biaya tersebut hanya untuk modifikasinya saja alias belum termasuk harga mobil.

"Umumnya seperti itu, kualitas barang yang digunakan juga yang terbaik," ujarnya saat ditemui tim redaksi Metrotvnews.com pada Minggu (17/9/2017) di Epicentrum Kuningan Jakarta.

Modifikasi tentu meliputi banyak hal. Mulai dari pergantian komponen di mesin, kaki-kaki, aki, pemasangan winch, locker, dan berbagam komponen lainnya yang bisa menunjang selama perjalanan menyusuri medan yang berat.

"Untuk memilih barang bisa melihat mobil teman-teman IOX karena sudah teruji, dari pada pakai barang yang tidak terbukti dan malah menyusahkan nantinya," terangnya.

Berbicara soal mobilnya sendiri, pemilihannya tentu berdasarkan selera sang pemilik. Mereka bisa memilih mobil apapun selama mobil tersebut memiliki spesifikasi untuk offroad.

Tetapi offroader nasional tersebut juga membeberkan beberapa tips untuk memilih mobil offroad. Jangan sampai salah memilih dan mendapatkan mobil yang sesuai dengan keinginan. "Pertama pilih mobil yang nyaman dulu. Nyaman ini tentu disesuaikan dengan si pemilik."

Setelah itu calon pemilik diwajibkan memeriksa kapasitas mobil. Pastikan mobil memiliki kapasitas yang cukup untuk membawa barang-barang yang akan di bawa selama berpetualang.

"Ketiga dan sangat penting, perhatikan spesifikai dasar mobil. Pilih mobil yang gardannya sudah kuat, sudah ada locker. Ada yang suka mobil Jepang atau mobil Eropa, semua kembali lagi ke selera dan hati masing-masing," tutup Adhi.


(UDA)