Modifikasi Motor

Motor Ini 'Tenggak Vodka' dan Ngebut di Padang Garam

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 30 Aug 2018 07:03 WIB
yamaha
Motor Ini 'Tenggak Vodka' dan Ngebut di Padang Garam
Sudden Wisdom dimodifikasi khusus untuk mengenggak vodka. Morebikes

Montana: Seorang pemilik penyulingan alkohol di Missoula, Montana, Amerika Serikat, Ryan Montgomery, sukses memecahkan rekor kecepatan di atas kuda besi. Motor yang digunakannya adalah Yamaha XS650.

Tapi hal yang paling unik adalah motor ini sudah dimodifikasi khusus, agar bisa menenggak vodka. Ya, bahan bakar motor ini pakai minuman beralkohol tersebut.

Motor tersebut dipacu Ryan di Bonneville Salt Flat Trials, sebuah danau air asin yang mengering, dan menjadi daratan penuh garam. Lokasi ini memang kerap jadi arena untuk memecahkan rekor kecepatan.

Motor yang diberi nama Sudden Wisdom tersebut bisa melewati target kecepatan 156 km/jam. Kecepatan tertinggi yang sukses dicatatkan Ryan sendiri ada diangka 181,8 km/jam. 

Soal bahan bakar yang digunakan, ternyata merupakan sisa penyulingan yang tak bisa diminum. Cairan yang disebut quicksilver vodka itulah yang digunakan untuk menggerakkan motornya.

Pada mesin XS850 rakitan 1980 tersebut, Ryan memodifikasi mesinnya dengan kompresi tinggi. Hasil pembakarannya pun diklaim bersih, seperti layaknya menggunakan ethanol.

Motornya pun dibuat menggunakan fairing balap jadul, dengan livery yang antik, didominasi warna putih. Padahal aslinya motor ini mengusung desain naked bike.

Kira-kira apakah alkohol bisa jadi bahan bakar alternatif kelak?


(UDA)