Modifikasi Motor

Ducati SG-848X, Anut Konsep Radikal

Ahmad Garuda, Rifki Rahman    •    Sabtu, 08 Jul 2017 08:08 WIB
modifikasi motor
Ducati SG-848X, Anut Konsep Radikal
Desain radikal Ducati 848 yang satu ini disulap jadi sangat radikal. Arief Budiantna

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekian lama hanya menjadi konsep desain dalam komputer, Smoke Garage akhirnya mengejawantahkan konsep tersebut. Melalui Ducati 848, mereka menyulapnya jadi sebuah motor yang punya aliran cukup radikal. Lantaran model spakbor depannya menyerupai paruh burung pelikan.

Konsep yang mereka aplikasikan ini, tentunya bukan konsep asal. Mengingat padu padan warna, bahan hingga dimensinya benar-benar dibuat presisi. Memang terlihat besar, tapi penampakannya dengan dimensi bodi tidak jomplang.

Tidak dipaparkan dari mana inspirasi konsep desain yang mereka pakai di motor ini. Tapi konsep ini berubah total dari konsep motor petarung ala Ducati Streetfighter 848. Hanya bagian buritan saja yang tersisa khas streetfighter. Sementara bagian tengah ke depan, sudah berubah total.

Mesinnya kini tertutup oleh plat carbon yang terlihat menyatu dengan alumunium yang bersambung dari windshield ke fairing tengah. Meski bagian windshield tidak sepenuhnya menutup speedometer, namun dengan konsep spakbor dengan bergaya paruh pelikan ini, rasanya tidak berlebihan seperti itu.

Uniknya, konsep ini dikabarkan Bike Shad, merupakan hasil kolaborasi dari 15 kru Smoked Garage yang dipimpin NIcko Eigert. 15 orang tersebut berasar dari dua negara yang saling berdekatan yaitu Indonesia dan Australia. 15 kru inilah yang menggarap mulai dari konsep desainnya, hingga mekanisme dan finishin konsep menjadi wujud nyata.

Jadi, proyek ini bisa dikatakan hasil buah tangan yang menunjukkan kelihaian memproduksi material dengan detail sempurna. Lekukan bodi dan spakbor yang terbuat dari alumunium yang dipadankan, seakan diproduksi menggunakan mesin cetak khusus.  Pewarnaannya pun dibuat seminimalis mungkin dan benar-benar membuat warna krom dari alumunium terlihat sangat dominan.

Bagian yang membuatnya sangat futuristik yaitu sistem mekanis yang dibuat khusus untuk membuat tangki bbm hingga ke bagian joknya, bisa terangkat. Pengerjaan bagian ini disebut-sebut berlangsung selama sebulan penuh oleh tujuh kru dan jam kerja 12 jam. Sehingga wajar jika hasilnya pun cukup memuaskan.

Meski desain yang mereka pakai terlihat sediit nyeleneh, namun rasanya patut menjadi inspirasi tersendiri untuk mengikuti ajang kontes custom bike yang akhir-akhir ini marak berlangsung di tanah air.


(UDA)