Modifikasi Motor

Honda Africa Twin, Motor Polisi Karya Custom Bike Builder

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 29 Nov 2017 11:09 WIB
modifikasi motorhonda motor
Honda Africa Twin, Motor Polisi Karya <i>Custom Bike Builder</i>
Honda Africa Twin dipilih karena lincah dan ringan. Ride a Part

California: Builder kenamaan Roland Sands sudah membuat banyak karya motor kustom. Karya builder asal Amerika Serikat ini sudah mendunia karena punya detail yang apik dan konsep liar yang dituangkan pada sebuah sepeda motor.

Tapi kali ini pemilik Roland Sands Design agak kalem dalam menggarap Honda Africa Twin. Builder kelahiran 12 Agustus 1974 ini menggarap dua unit motor petualang Honda itu menjadi motor patroli polisi.

Motor-motor ini sendiri merupakan donasi untuk City of Redondo Beach Police Foundation, sebuah organisasi yang membantu mencari dan mengembangkan teknologi yang lebih canggih untuk kepolisian.

Keputusan menggunakan motor ini juga karena untuk patroli butuh motor yang lincah dan ringan. "Ini kolaborasi yang inovatif dan membudahkan kami menegakkan hukum," kata Keith Kauffman, Kepala Polisi Redondo Beach.

Modifikasi yang dilakukan pun umum, Roland menambahkan sepasang side bag untuk membawa barang, ditambah behel belekang, dan jok terpaksa dipotong untuk tempat perkakas. Motor ini juga mendapatkan engine guard, hand guard dan ban tapak kasar.

Karena ini kombinasi dua pihak, maka kami duduk bersama untuk membicarakan arah motor ini. Bahkan kami memikirkan jika motor ini dipakai bertugas untuk membawa senjata taktis maupun peralatan lainnya," kata Sands.

Komponen juga ada ubahan, kecuali suspensi Ohlins bawaan masih dipercaya. Knalpot berganti Yoshimura, kemudian ban Dunlop, K&N untuk filter udara, ALTRider untuk handguard, headlight guard dan tentunya lampu rotator serta speaker.


(UDA)