Modifikasi Mobil

Mobil Balap Formula ini Bermesin Superbike Aprilia

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 26 Jul 2017 15:40 WIB
modifikasi mobil
Mobil Balap Formula ini Bermesin Superbike Aprilia
Mobil Formula ini menggunakan mesin dari motor superbike Aprilia. Paultan

Metrotvnews.com: Mobil balap Formula biasanya mengusung mesin dari pabrikan mobil ternama. Namun mobil Griiip G1 yang ikut balap Formula X Italian justru mengusung jantung mekanis dari motor superbike Aprilia.

Mobil balap yang digunakan pada ajang tersebut mengusung mesin Aprilia RSV4. Mesin motor empat silinder berkonfigurasi V4 yang ringan ini ditempakan pada sasis mobil tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menekan biaya balap mobil Formula yang butuh mesin high performance terbaik yang tenar dengan harganya yang super tinggi. Mereka mengakalinya dengan cara ini, namun tetap memiliki tenaga yang besar. Ajang balap ini memang disiapkan untuk pembalap-pembalap muda yang mulai merintis karir balap mobil formula.

Tentunya ada penyesuaian terhadap mesin berkapasitas 1.000 cc tersebut, mulai dari posisi pemasangan yang melintang. Kemudian disambungkan dengan gardan dan differensial, bukan menggunakan rantai dan dihubungkan ke as roda belakang.

Mobil Griiip G1 yang mengusung mesin tersebut, bahkan meraih hasil positif dengan mengisi pole position di Sirkuit Riccardo Paletti, Parma, Italia, dengan dikemudikan Yarin Stren (21). Lebih hebat lagi karena Yarin akhirnya memenangi balapan tersebut.

Kini bersama Griiip. Aprilia Racing akan meneruskan pengembangan selanjutnya untuk mesin V4 mereka. Upgrade elektronik sudah dalam rencana untuk menyesuaikan pada penggunaan balap empat roda.


(UDA)