Suryanation Motorland

Pertarungan Builder Suryanation, Ditentukan di Surabaya

Ahmad Garuda    •    Sabtu, 11 Nov 2017 19:01 WIB
kontes modifikasisuryanation motorland
Pertarungan <i>Builder</i> Suryanation, Ditentukan di Surabaya
Pertarungan konsep para builder di ajang Suryanation Motorland. SM

Surabaya: Penyelenggaraan event Suryanation Motorland (SM) 2017 memasuki event puncak di Surabaya. Dari keterangan resmi yang masuk ke meja redaksi, event kali ini agak berbeda karena diselenggarakan selama 2 hari yaitu Sabtu dan Minggu (11-12/11/2017).

Tujuannya mencari pemenang seri terakhir dan juara dari juara seri di 8 kota. Artinya semua pemenang dari 8 kota penyelenggaraan SM 2017, bakal adu keren hasil konsep terbaik mereka. Di hari kedua bakal digelar penilaian motor dengan konsep terbaik dari yang terbaik. Mereka bakal memperebutkan gelar The Greatest Bike SM 2017 di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya.

“Event ini sudah memasuki grand battle yang menjadi penentuan untuk menentukan 'The Greatest Bike'. Kami sudah hadir di 7 kota dan motor-motor terbaik dari kota-kota  tersebut hadir di seri pamungkas ini dan bersaing dengan Best of The Best dari Surabaya untuk menjadi The Greatest Bike,“ ujar Brand Manager Surya, Ari Kusumo Wibowo melalui keterangan resminya.

Ia menambahkan Surabaya dipilih karena tahun lalu kehadiran SM di sana mendapatkan sambutan yang luar biasa. Lulut Wahyudi yang merupakan salah satu juri Custom Bike Competition dari Retro Classic Cycle Yogyakarta, bahwa Ia berharap dari sini, ada aliran Indonesia seperti halnya Skandinavian style atau Japanese style.

”Harapan saya dan juri lainnya di ajang grand battle ini akan lahir builder-builder baru yang bisa menambah warna di dunia custom culture tanah air. Sekaligus menginspirasi orang lain yang ingin mulai membangun motor,” klaim Lulut ditemani kedua juri lain yaitu Bimo Hendrawan (Bimo Custombikes Jakarta) dan Tommy Dwi Jatmiko (Mastom Custom Jakarta).

Fokus penilaian para juri tidak hanya pada konsep maupun performa motor saja tetapi juga melihat berbagai aspek lain. Seperti pesan dalam membuat motor, detail dan harmonisasi secara keseluruhan.

Khusus untuk pemilihan The Greatest Bike SM 2017, kehadiran builder Jepang Kaichiroh Kurosu dari Cherrys Company dan Indra “Bluesman” Pranajaya dari Razzle Dazzle Chopper Works Bandung sebagai juri tambahan akan menambah bobot penilaian dan persaingan.

Berbeda dengan tahun lalu, pemenang tahun ini akan dibawa ke event bergengsi dan terbesar di Eropa. Yaitu International Motor Bike Expo yang akan berlangsung di Verona, Italia pada 18-21 Januari 2018 mendatang.

Nama-nama pemenang Best of The Best Suryanation Motorland 2017 dari setiap kota:
* Siar dengan motor Kawasaki KZ 200 berkonsep Srambler/Tracker – Best of The Best Medan
* Rio Gustav dari 58 Work dengan Bajaj Super 150 berkonsep Tracker ala motor Ojek Kayu – Best of The Best Palembang
* Ari Supriyanto dari Protechnics Workshop dengan Yamaha Scorpio berkonsep Srambler/Tracker – Best of The Best Tangerang
* Rizal dengan motor berbasis mesin VX1900 tahun 2008 berkonsep Pro Street Chopper – Best of The Best Semarang
* Bayu Setia W dengan motor Honda Tiger berkonsep Scrambler Tracker – Best of The Best Banjarmasin
* Syahril dari Samarinda dengan Harley Sportster XL 1200 tahun 2006 berkonsep Pro Street – Best of The Best Makasar, dan
*Alit Juliarta Murdha dan Kedux Garage dengan motor HD Softail tahun 1996 dengan konsep Chopper – Best of The Best Denpasar

Kelas-kelas Custom Bike Competition Suryanation Motorland 2017:
-          Street Cub/Choppy Cub
-          Cafe Racer
-          Chopper/Bobber < 250cc
-          Scrambler/Tracker < 250cc
-          Chopper/Bobber > 250cc
-          Scrambler/Tracker > 250 cc
-          Sport FFA
-          Matic Custom
-          Free for All
-          Exhibition Class
-          Best Collaboration Concept


(UDA)