Fusqvarna, Husq Bertenaga Honda

Ekawan Raharja    •    Jumat, 19 May 2017 16:57 WIB
honda motorhusqvarna
Fusqvarna, Husq Bertenaga Honda
Honda FX 650 Vigor yang telah berubah wujud menjadi Fusqvarna. silodrome/Garage de Félix

Metrotvnews.com: Sulit memperoleh unit orisinal Husqvarna lansiran 1960-1970, bukan berarti harus mamadamkan impian memilikinya. Bila tidak bisa membelinya mengapa tidak sekalian membuatnya saja? Membuat versi barunya sekalian.

Demikian ide tim Antoine dan Patrick dari Garage de Félix. Duo modifakator warga negara Prancis ini menyulap sebuah Honda FX 650 Vigor 2001 menjadi versi terbaru Husqvarna lawas yang diberinya nama Fusqvarna, artinya Husqvarna buatan Felix.

Honda FX 650 Vigor yang bergenre sport touring mereka bedah habis-habisan. Nyaris semua komponen aslinya ditanggalkan hingga menyisakan rangka yang akhirnya juga dirombak habis-habisan hingga hingga ujud Honda FX 650 Vigor.



Rangka sport tourer yang panjang itu mereka pangkas di bagian sub-frame belakang. Kemudian dibuatkan alas bagi sadel berbalut kulit alcantra coklat muda yang terlibat seperti melayang. Sektor tersebut yang jadi daya tarik paling mencoloknya.  

Fender asli diganti dengan model pendek di depan dan melayang di belakang yang dikaitkan ke lengan ayun. Sebuah knalpot free-flow dipasang dan ditambahkan filter kaburator model terbuka yang menyembul di samping kiri. Setelah jeroan mesin SOHC 650 cc disegarkan, ubahan ringan ini membuat Fusqvarna berlari lebih kencang dibanding ketika masih berwujud Honda FX 650 Vigor 2001.



Sedangkan sistem kelistrikannya sama sekali diganti baru dengan produk lansiran Motogadget. Di bawah speedometer barunya ada headlamp mini. Sementara tail light mengandalkan sebaris LED merah yang terang benderang.

Sentuhan akhir adalah melabur warna orange segar khas Husqvarna. Namun karena ini adalah Fusqvarna, maka huruf H di dalam logonya diganti F.


 


(LHE)