Ini Toyota Calya Pertama yang Dimodifikasi

   •    Selasa, 30 Aug 2016 08:49 WIB
modifikasi mobil
Ini Toyota Calya Pertama yang Dimodifikasi
Toyota Calya ini menjadi yang pertama menjalani proses modifikasi ringan. MTVN/A Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak butuh sebulan atau masa garansinya habis, Toyota Calya berwarna merah menyala ini langsung menjalani proses modifikasi ringan. Meski baru sebagian kecil dan belum menyentuh bagian bodinya, namun tampilannya langsung berubah lebih kokoh.

Sebelumnya, mobil milik Ade Habibie ini, diakui cukup 'cungkring' dari sisi tampilan. Padahal dari sisi fitur yang dimiliki Calya tipe G otomatis yang dipinangnya itu sudah cukup mumpuni. Namun ada saja hal yang membuatnya merasa tak betah, untuk membiarkannya dalam keadaan standar.

Velg dan ban pakai punya Jazz RS, kemudian penambahan subwoofer di bagian bagasi

"Awalnya saya cukup heran, karena dari sisi tampilan memang agak cungkring jika melihat bodi yang cukup besar dan penggunaan ban/velg ukuran 14 inci. Terlebih setelah merasakan handling kemudinya terasa sangat ringan, saya langsung berpikir untuk menggunakan ban dan velg berukuran lebih besar. Kali ini saya putuskan untuk menggunakan velg milik Honda Jazz RS yang sudah berukuran 16 inci, tinggal ganti dop Toyota saja. Hasilnya, handling lebih enak dan sudah terasa," ujar Habibie.

Usai mendandani mobilnya dari sisi tampilan luar, Ia juga tak lupa dengan sistem pemanja telinga dan fitur in car entertainment. Pria yang berasal dari Cengkareng, Jakarta Barat itu pun menebus head unit merek Orca dipadu dengan subwoofer 12 inci, speaker split dan speaker belakang. Uniknya, Ia memadukan unsur safety seperti penggunaan kamera mundur yang terkoneksi dengan head unit.

Head unit double din yang sudah terkoneksi dengan kamera mundur

Di bagian kabin, memang belum nampak perubahan yang besar. Ia baru sebatas mengaplikasi lampu kolong yang bisa menyala saat pintu terbuka. Kemudian pemasangan GPS tracker milik SuperSpring agar aman dari tangan-tangan jahil maling.

"Masih banyak bagian yang akan didandani, seperti pemasangan karpet dasar dan pembalut jok dari kulit dan beberapa lagi yang lainnya. Sementara untuk obat performa, rencananya mau pasang exhaust system yang lebih oke. Penggantian di sektor ini akan mulai dari header hingga ke belakang. Tapi memang untuk saat ini, masih agak sulit cari komponen-komponen itu, namanya juga mobil baru launching dan baru turun dari dealer!" pungkasnya.

Ade Habibie belum puas dan masih akan mendandani mobil keluaran terbarunya

Spesifikasi modifikasi:
- Ban Bridgestone 185/55/R16
- Velg: Ori secon Honda Jazz RS R16
- Head unit: Orca double din support kamera mundur
- Speaker split dan tengah Pioneer
- Subwoofer: Liberty 12 inci
- Power: 4Channel
- Lampu LED kolong di kabin
- GPS Tracker SuperSpring


(UDA)