Modifikasi Mobil

Volkswagen Multivan 2012 Pinjam Mesin Porsche 911 Turbo

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 21 Dec 2018 11:25 WIB
modifikasi mobil
Volkswagen Multivan 2012 Pinjam Mesin Porsche 911 Turbo
Tenaga lebih agresif, VW Multivan 2012 swap engine Porsche 911 Turbo. Carscoops

Jerman: Modifikasi mobil tak hanya berlaku bagi jenis sedan dan SUV saja. Di dunia otomotif, mobil berjenis MPV seperti multivan VW Transporter ini juga sah mendapatkan ubahan ekstrim dari segala sisi.

Bagi tuner TH Automobile yang berbasis di Berlin, membuat tampilan VW Transporter jadi lebih mewah dan sedap dipandang mata adalah wajib. Tapi yang tak kalah penting bagi mereka adalah membuat tenaganya berlimpah.

Dengan hasil yang cukup menarik, TH Automobile berhasil membuat ubahan yang dianggap cukup ekstrem, yakni menukar mesin VW Multivan 2012 dengan mesin Porsche 911 Turbo (997) yang dipasang di bagian belakang, dikawinkan dengan transmisi 911 Turbo yang menggerakkan roda belakang.

Untuk bisa mengaplikasikan mesin Porsche 911 Turbo ke dalam VW Multivan ini, TH Automobile harus membangun kerangka yang dikembangkan khusus sehingga bodi VW Multivan dapat mengakomodasi jantung mekasin 911 Turbo.

Ahasil mesin flat-six 3.6-liter dilengkapi turbocharger dan ECU dari 911 GT2 yang dibenamkan di tubuh VW Multivan bisa menghasilkan total output tenaga sebesar 573 daya kuda. Transmisi manual enam kecepatan Porsche yang mengirimkan daya ke roda belakang, memungkinkan kecepatan tertingginya tembus di angka 285 km per jam.

Mendukung penampilannya yang mewah, TH Automobile menyematkan sepatu baru berdiameter 19-inci dengan profil ban yang lebih tebal, bersamaan dengan tongkrongan mobil yang diceperkan. 

Menurut TH Automobile, untuk membangun mobil ini dibutuhkan waktu pengerjaan selama dua tahun, dan menghabiskan biaya sebesar USD285.500 atau sekitar Rp4,1 miliar.


(UDA)