Modifikasi Motor

Yamaha Scorpio 2012, Dirt Tracker Anti Bulat

Ainto Harry Budiawan    •    Sabtu, 17 Jun 2017 14:17 WIB
modifikasi motor
Yamaha Scorpio 2012, Dirt Tracker Anti Bulat
Dirt Tracker unik menolak tampil membulat. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Punya motor dengan kondisi seadanya dan jika dijual harganya terlalu murah pasti akan membuat pemiliknya bingung. Itulah yang dirasakan And Mars Wahyu, pemilik Yamaha Scorpio lahiran 2012.

Saat dirinya bertemu Arya Raharja Jatmika dari bengkel EAAA Motorshop, Wahyu ditawarkan untuk memperbaiki sekaligus memodifikasi motornya. "Dari pada dijual murah atau betulin mesin habis banyak tapi motor standar, mending dimodifikasi," kata Arya.

Konsep dirt bike yang ditawarkan pebengkel kawasan Pejaten, Jakarta Selatan ini langsung disetujui Wahyu. Uniknya konsep dirt bike lekat nuansa klasik dan bulat, namun Arya mengatakan motor ini minim aksen bulat.

"Bisa dibilang ini motor 76% tidak berdesain bulat. Mulai dari komponen hand grip bentuk prisma, ban meski bulat tapi tapak kasarnya prisma, lampu sein prisma, lampu depan segitiga. Minim bulat-bulat deh," ujar pria berbadan irit ini.

Proses pengerjaan motor kustom seperti ini harus memotong rangka standar. Utamanya bagian belakang, karena motor ini akan diset 'egois' untuk berkendara sendiri saja.

Tak ketinggalan mesin juga dilakukan penyegaran, karena sudah waktunya overhaul. "Mesin full restorasi, porting-polish, karena memang mesin sudah tidak bertenaga waktu datang kesini," lanjut Arya.

Beres menggarap mesin, giliran bodi yang disiapkan. Sesuai konsep dirt bike anti bulat, bentuk tangki yang juga jadi komponen bodi paling terlihat, dibuat meninggi dengan punuk macam punggung unta.

"Grafis tangki bergambarkan matahari terbit, dipadu logo workshop yang baru. Warna merah menyala berpadu putih tampil mencolot diantara komponen motor lain yang berwarna hitam," paparnya.

Setelah menunggu proses pengerjaan sekitar dua bulan, Wahyu pun puas mendapati motor miliknya kembali segar dan tampil beda. Tertarik kustom motornya bergaya seperti ini juga?


(UDA)