Restorasi

Ketika Si Mini Bergaya Rally

Ekawan Raharja    •    Kamis, 20 Apr 2017 08:28 WIB
mini
Ketika Si Mini Bergaya <i>Rally</i>
Morris Mini bergaya reli Monte Carlo karya David Brown. robbreport.com

Metrotvnews.com: Tampilan si imut Morris Mini Minor buah karya David Brown ini sangat mencengangkan. Ekteriornya sama seperti ketika pertama diperkenalkan pada awal 1960-an, sedangkan interiornya penuh fitur khas generasi milenial.

Ada tiga sekaligus yang David Brown restorasi di bengkelnya di Silverstone, Inggris. Konsep retro-chic dipilihnya demi mempertahankan detail asli Mini yang ikonik. Beberapa bagian dari panel body dan rangka harus dibuat ulang dari pelat baja.

Satu unit rally style lengkap dengan deretan lampu kabutnya. Inspirasinya berasal dari ajang reli khusus mobil klasik Monte Carlo yang legendaris. Dua sisanya disebutkan terinspirasi gaya cafe racer yang sedang 'trending topic' di kalangan modifikator retro roda dua.

"Untuk pengecatan masing-masing membutuh waktu hampir satu bulan," ungkap Brown sebagaimana dikutip dari situs robbreport.com.



Interiornya tampil elegan berkat balutan lembaran kulit domba dan detail kain motif tony untuk jok-nya. Panel cluster speedometer, kisi-kisi AC dan tombol-tombolnya menguatkan kesan klasik. Demikian juga serta lingkar lingkar kemudi dan jok model sporty-nya

Sementara dashboard didominasi monitor 7 inch. Penumpang dengan mudah menghubungkannya ke gadget dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Fitur lain yang khas generasi milenial adalah audio system dengan empat speaker, port USB, climate control dan tombol untuk menyalakan mesin.



Urusan dapur pacu, masih dipercayakan kepada mesin bawaan 4 silinder dan berkapasitas 1.3 liter yang digabungnya dengan transmisi manual lima percepatan. Setelah dibangun kembali, dioprek dan upgrade tenaganya mencatatkan 79 daya kuda, melonjak 30 persen dari aslinya.  

David Brown akan memamerkan tiga karya terbarunya ini dalam ajang Top Marques Monaco yang berlangsung pada 20-23 April 2017 di Monaco. Bila ada penggila Mini yang menginginkannya, dia mematok harga USD 100-an ribu untuk setiap unitnya.

"Untuk setiap model, saya batasi 25 unit saja," tutup sang modifikator spesialis gaya retro ini.

 


(LHE)