Ketika Mazda Miata 1991 Menjadi Hot Rod

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 03 Jan 2017 14:42 WIB
modifikasi mobil
Ketika Mazda Miata 1991 Menjadi <i>Hot Rod</i>
Modifikasi Mazda Miata 1991 menjadi mobil Hot Rot. Superstreet

Metrotvnews.com: Punya mobil yang unik dan tampil beda bukanlah hal mudah. Oleh karena itu, kerja keras Tommy Reichelderfer patut diapresiasi. Ia membuat heboh karena sukses memodifikasi Mazda Miata keluaran 1991 menjadi mobil bergaya hot rod era 40-an.

Modifikasi yang dilakukan Tommy terbilang ekstrem. Pasalnya, mobil kelahiran asal negeri Sakura ini diubah menjadi mobil Amerika Serikat, model A Ford coupe.



Demi menghidupkan kesan hot rod, ia mengaplikasikan grill model A Ford coupe. Bahkan, Tommy rela harus memotong bagian kap mesin dan bagian depan yang dibiarkan tanpa fender, bumper dan cat.

Tidak hanya melakukan perubahan di bagian ekterior, modifikasi yang dilakukan pria asal Amerika Serikat ini juga menyentuh bagian dapur pacu. Untuk urusan mesin, Tommy meminjam mesin Ford V8 5.0 liter dan kemudian diubah menjadi bertenaga 5.4 liter.  



Pemasangan transmisi Borg-Warner T5 lima kecepatan juga didapat Tommy dari Mustang tua 5.0 liter. Namun dirasa cukup untuk mendongkrak dan menyalurkan tenaga dan torsi mobil naik menjadi tiga kali lipat. Termasuk pemasangan independent-rear-suspension Thunderbird 7,5 inci, untuk mendukung kenyamanan.

Agar mendapatkan kecepatan yang maksimal, bobot mobil dikurangi. Tak tangung-tanggung, bodi dan interior Mazda Miata ini dirombak dan diganti menggunakan buatan sendiri alias custom



Mulai dari 32 Ford grille shell serta lampu depan bergaya era 30-an dan lampu belakang custom. Interior juga dibuat seperti mobil balap yang tidak lagi menggunakan panel instrumen asli. Hal itu diganti dengan shifter knob baboon's-ass red. Tommy juga memasangkan tombol switch untuk mengontrol lampu dan fitur lain. Lalu, pemasangan rongga depan dengan desain black spray-on truck-bed liner bersama struktur bodi yang diperkuat menggunakan rollbar.


(HIL)