Modifikasi Motor

Lazareth R1 Eurofighter Adopsi Konsep Pesawat Tempur

Ekawan Raharja    •    Senin, 06 Mar 2017 16:05 WIB
modifikasi motor
Lazareth R1 Eurofighter Adopsi Konsep Pesawat Tempur
Lazareth R1 Eurofighter mengadopsi model pesawat tempur. Bikeexif

Metrotvnews.com: Di dunia modifikasi, Ludovic Lazareth sudah terkenal sebagai builder bertangan dingin. Dia selalu menghasilkan sepeda motor yang nyeleneh, termasuk karyanya yang diberi nama Lazareth R1 Eurofighter.

"Kamu tidak akan merasa bebas jika kamu tidak bisa memiliki apa yang kamu inginkan. Tidak cukup bagi saya untuk berkendara dengan sebuah sepeda motor. Saya merasa bebas jika saya membangun sepeda motor, saya ingin membuat seperti yang saya inginkan," ungkap Ludovic Lazareth seperti dikutip dari Bikeexif.

R1 Eurofighter gubahan Lazareth mengambil basis Yamaha YZF-R1 lansiran 1991. Namun jangan heran jika tampilannya masih seperti superbike dengan fairing. Builder asal Prancis ini mempermak habis penampilan sepeda motor berlogo garpu tala tersebut.

Dari rancang bangunnya saja, R1 Eurofighter sudah banyak berubah. Ludovic Lazareth mengubah ulang sasisnya, sehingga dia bisa menyematkan sistem lengan osilasi monoshock dan suspensi depan tunggal. Gaya ini mirip dengan karya terdahulunya LM847 V8.

Suspensi di belakang dan tengan dipercayakan kepada TFX Suspension. Kemudian ban depannya menggunakan ban belakang Triumph Daytona. Sektor pengereman dipercayakan kepada Brembo.

Tampilannya semakin agresif ketika builder ini mendesain ulang bagian ekor, panel body, spakbor depan, dan cover tangki dengan bahan serat karbon. Sedangkan setang, spion, dan beberapa aksesorisnya menggunakan produk Rizoma.

Perubahan paling mencolok terdapat di bagian knalpot. Di bagian ujungnya Ludovic Lazareth menyematkan lampu LED yang mengelilingi knalpot. Jika dinyalakan, knalpot ini seperti nozzle jet tempur Eurofighter.

Ludovic Lazareth memastikan bahwa sepeda motornya ini bisa dikendarai seperti biasanya. Namun siapkan kocek 53 Euro ribu (sekitar Rp752 juta) untuk bisa memilikinya.


(GUS)