Modifikasi Mobil

Upgrade Unik ACOMA Super Comtesse 1978

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 20 Oct 2017 17:02 WIB
modifikasi mobil
Upgrade Unik ACOMA Super Comtesse 1978
ACOMA Super Comtesse keluaran 1978 model upgrade Mini-Comtesse. Autoguide

Metrotvnews.com: Microcars atau mobil mikro merupakan segmen kendaraan yang cukup menarik. Bahkan mobil jenis ini cukup populer di Eropa. Mobil mikro adalah jenis mobil perpaduan antara mobil dan motor. 

Mobil tipe ini biasanya menggunakan mesin di bawah 1000 cc, dan sesuai dengan bentuknya yang mungil, kapasitas kabinnya hanya mampu menampung satu atau dua penumpang saja. 

Dilansir dari Autoguide, kelebihan mobil ini adalah memiliki nilai pajak kendaran yang relatif lebih murah dibanding mobil biasa, terkadang mobil mikro dapat diklasifikasikan sebagai sepeda motor atau bahkan moped.

ACOMA versi asli pabrikan tiga roda

Contohnya adalah mobil mikro ACOMA Super Comtesse keluaran 1978 ini, yang hanya dibekali mesin 49cc. Uniknya, untuk mengendarai mobil mungil itu tidak memerlukan lisensi atau surat izin mengemudi.

Menarik, ACOMA Super Comtesse 1978 yang dimiliki seorang kolektor microcar adalah model upgrade Mini-Comtesse, memiliki empat roda dan telah menggunakan rem hidrolik. Berbeda dengan model asli pabrikannya, yang memiliki 3 roda dan sistem pengereman yang masih menggunakan kabel.

Di masa jayanya pada 1970an, Acoma adalah produsen micocar terbesar, dengan jumlah produksi yang mencapai 3.500 mobil dengan beragam varian.


(UDA)