Yamaha SR250 Speedy Gonzales

Ekawan Raharja    •    Selasa, 30 May 2017 15:01 WIB
yamaha
Yamaha SR250 Speedy Gonzales
Tracker dari XTR Pepo Yamaha SR250. silodrome/xtrpepo

Metrotvnews.com: Speedy Gonzales adalah karakter dalam animasi Looney Tunes yang digambarkan berpakaian khas dan berbicara dengan aksen Mexico ini mampu berlari sangat cepat. Sedemikian cepat sehingga dijuluki tikus tercepat di atas bumi.

Kecepatan berlari Speedy Gonzales inilah yang menjadi ilham Pepo membangun ulang Yamaha SR250 lansiran 1982. Cukup banyak bagian disentuh tim XTR Pepo hingga sosok aslinya yang bergaya touring menjadi tracker langsing.

Langkah pertama pemodifikator yang pernah berkarir di Radical Ducati ini adalah mengubah suspensi belakang Yamaha SR250 menjadi single. Lengan ayun bawaan dikuatkan agar lebih rigrid dan ditambahkan dudukan untuk monoshock.



Mesin 250 cc dua silindernya cuma di-porting dan polished sehingga asupan bahan bakar kian lancar. Saluran gas buang dipangkas dan diganti knalpot high flow. Tapi sentuhan ringan ini mendongkrak tenaga menjadi 40 daya kuda, hampir dua kali dari aslinya.



Tanki bahan bakar bawaan model tear drop, dibuat ulang dan dipermanis dengan gascap dari Monza. Fatbar dari Rizoma dengan handgrip Gonelli yang bergaya agresif ditambahkan.

Rangka buritan sedikit dipapas. Di atasnya dipasang sadel model tunggal dengan ekor kecil yang berfungsi sebagai dudukan lampu rem dan nopol. Layaknya sepeda motor bergaya tracker, sepasang ban gambot dengan kembangan tahu disematkan.
 


(LHE)