Modifikasi Motor

Honda C70, Usung Mesin Modifikasi Ekstrim

Ainto Harry Budiawan    •    Kamis, 19 Oct 2017 14:49 WIB
modifikasi motor
Honda C70, Usung Mesin Modifikasi Ekstrim
Meski jadul, jangan remehkan sektor mesin dari motor ini. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam final Honda Modification Contest (HMC) 2017 di Lanud Gading, Yogyakarta akhir pekan lalu, banyak motor modifikasi yang bertarung memperebutkan tiga terbaik sebagai juara nasional HMC 2017.

Namun satu motor ini menarik perhatian, motor klasik yakni Honda C70 ini tampil ngejreng. Warna oranyenya tampil mencolok. Dandanan motor ini juga dibuat gaul, tapi begitu melongok area mesin, inilah yang lebih menarik.

Motor dengan nomor peserta 208 ini adalah tipe bebek, mesin yang diusungnya selayaknya model tiduran. Tapi mesin yang digunakan justru beda, dan terlihat muda.

Dari blok kopling dan magnet, jelas motor ini sudah ganti mesin dengan mencomot dari motor bebek Honda lainnya. Tapi sang pemilik menggabungkannya dengan cylinder head berpendingin cairan.

Jelas modifikasi yang dilakukan di mesin ini terbilang ekstrim. Mesin standar pun harus memperlebar area crankcase sebagai dudukan baut tanam untuk mengikat cylinder head.

Kemudian cylinder head yang dicomot milik mesin 150 cc Honda, yang sudah DOHC empat klep. Namun posisinya dibuat nyaris tidur, menyesuaikan bentuk rangka tengah yang tidak berubah.

Rdiator pun terpasang rapi meski banyak siripnya yang bengkok. Lalu untuk pengkabutan bahan bakar, karburator Keihin PWK jadi andalan, kemungkinan berdiameter 28mm.

Entahlah apakah modifikasi yang dilakukan hanya gimmick belaka, namun panitia mengatakan seluruh motor yang ditampilkan sudah melewati proses scrut, dan layak jalan.


(UDA)