Modifikasi Motor

Yamaha YZR-09 Endurance, Motor Konsep 'Harga Murah'

Ahmad Garuda    •    Jumat, 29 Dec 2017 08:57 WIB
modifikasi motor
Yamaha YZR-09 Endurance, Motor Konsep 'Harga Murah'
Yamaha YZR-09, usung konsep modifikasi murah untuk ajang balapan. Oberdan Bezzi

Jakarta: Ketika Yamaha menciptakan seri MT-09 dan MT-07, mereka seolah-olah menciptakan pakem baru harga motor jalanan yang sangat bersaing. Dengan segala kecanggihan fitur yang mereka sematkan di sana, harga jual seri ini sangat patut dilirik oleh pengguna moge di seluruh dunia.

Konsep ini juga dipakai oleh Oberdan Bezzi sang penggagas rekayasa desain MT-09 yang Ia ubah menjadi sebuah motor endurance atau motor yang dipakai diajang balap ketahanan. Yaitu tetap dengan konsep murah, bergaya, fitur melimpah namun ramah di kantong.

Terlihat dari beberapa ubahan yang dilakukan Bezzi terhadap motor tersebut. Mulai dari sistem pengereman, roda hingga suspensi yang diklaim cukup ramah di kantong, meski terlihat cukup ekstrim ubahannya.

Bedanya adalah motor ini diciptakan dengan tambahan fairing, agar udara yang melewati motor lebih gampang dialirkan. Kemudian model tangki bahan bakar juga dibuat lebih besar sesuai dengan konsepnya sebagai motor balap ketahanan.

Agar terlihat lebih kental aura balap ketahanannya, Bezzi menambahkan swing arm model tunggal. Sehingga membuat tampilannya jadi lebih sangar. Ini lebih tipikal mereka yang sudah bergaya di sirkuit.

Jika ditotal, Bezzi memperkirakan bakal lebih murah jika modiffikasi dilakukan untuk motor MT-09 yang sudah ada. Sehingga biaya modifikasi diperkirakan paling mahal tak lebih dari Rp135 jutaan.

Kalau hitungan Bezzi benar-benar masuk, maka posisi Suzuki SV650 sebagai motor yang paling murah untuk dimodifikasi, bakal benar-benar tergeser. Keunggulan Yamaha MT-09 jelas lebih banyak. Kapasitas mesin lebih besar, fitur lebih banyak hingga beberapa hal lainnya. Meski fitur-fitur canggih itu sebagian bakal dicabut saat balapan berlangsung.


(UDA)