Modifikasi Motor

Yamaha Xabre Dipaksa Bergaya Tracker!

Ainto Harry Budiawan    •    Jumat, 07 Jul 2017 07:25 WIB
modifikasi motor
Yamaha Xabre Dipaksa Bergaya Tracker!
Prosesnya tak terlalu sulit, bisa ditiru oleh pengguna Xabre di Indonesia. Pipeburn

Metrotvnews.com: Yamaha M-Slaz alias Xabre di Indonesia adalah motor naked bike. Motor ini kebanyakan dimodifikasi bergaya sporty tanpa menghilangkan bentuk aslinya.

Tapi kelakuan bengkel kustom K-Speed dan Eak di Thailand ini nyeleneh, dan memaksa Xabre beralih gaya dari naked bike menjadi tracker. Motor modern yang dipaksa bergaya tracker yang sejatinya lebih mengarah ke klasik.

"Tahun lalu kami membuat satu M-Slaz kustom untuk kompetisi dan mendapat peringkat kedua. Tahun ini konsumen lain ingin lakukan hal yang sama, tapi saya harus membuatnya lebih baik dan inilah dia," kata Eak, selaku pimpinan bengkel.

Sekilas, bentuk khas Xabre masih terlihat dari bodi seputar tangki yang berupa plastik. Sementara tangki bawaan masih terbungkus rapi. Shroud tangki yang besar dan tajam kedepan menimbulkan kesan agresif.

Sang pemilik menginginkan motor dengan tampilan tracker, namun tetap terlihat modern. Selain tangki yang jadi ciri khas, ada suspensi upside down, pelek dan lengan ayun bawaan yang masih dipertahankan.

Langkah pertama pengerjaan Eak memotong sasis belakang untuk menyesuaikan postur pemiliknya. "Saya membuat sasis baru yang lebih ringkas, dengan jok rata dan secara keseluruhan lebih rendah posisi duduknya," terangnya.

Setang kemudi diganti dengan yang punya lekukan lebih rendah. "Semua bagian belakang yang tak penting dihilangkan untuk menonjolkan ban belakang yang besar tanpa terhalangi," jelas Eak lagi.

Pelek bawaan Xabre dilabur warna emas, dan dibalut ban asal Thailand sendiri yakni Vee Rubber ukuran 140/80-17. Ukuran ban ini jadi satu-satunya dan terpasang pada kedua pelek.

Tak ketinggalan lampu utama mengusung model bulat dengan LED ala Harley-Davidson dengan projector kecil di dalamnya. Lainnya Eak menambahkan komponen pendukung seperti pelindung blok mesin dan seluruhnya dilabur warna hitam.


(UDA)