Modifikasi Mobil

Porsche Sukses Bangkitkan Bangkai 911 Pertama

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 18 Dec 2017 08:54 WIB
modifikasi mobil
Porsche Sukses Bangkitkan Bangkai 911 Pertama
Porsche 911 rakitan 1964 setelah selesai direstorasi. Porsche

Stuttgart: Pabrikan mobil sport ternama asal Jerman, Porsche, menambah lagi koleksi mereka di Porsche Museum. Koleksi terbaru itu adalah 911 lansiran 1964.

Butuh waktu tiga tahun untuk Porsche melakukan restorasi mobil rakitan Oktober 1964 ini. Mobil kelir merah ini sekaligus menjadi 911 paling tua yang jadi penghuni museum.

Mobil ini tercatat sebagai model seri pertama mobil sport yang jadi produksi Porsche. Pabrikan ini bahkan butuh waktu hampir 50 tahun untuk mencari unit ini untuk direstorasi dan menjadi penghuni museum.

Mobil ini ditemukan pertama kali pada 2014 silam oleh kru televisi Jerman, yang bekerja untuk program mengenai benda antik dan bersejarah. Porsche mengetahui hal itu dan memeriksa unit yang dimaksud, hasilnya mobil bernomor sasis 300.057 itu jadi model langka yang dicari.

Kondisi unit yang ditemukan sudah parah, bahkan disebut bangkai. Bodinya tertutup oleh karat, interor sudah tak utuh dan pintu kiri menghilang. Faktor lain yang menyulitkan adalah belum ada 911 yang direstorasi.

Karena itulah proses restorasinya cukup lama, apalagi Porche ingin komponen yang digunakan persis seperti awal mobil ini dirakit. Tak hanya bodi, tapi juga mesin, transmisi, elektrikal dan interior.

Kini mobil itu sudah jadi penghuni baru museum.


(UDA)