Modifikasi Motor

Electrom, Sepeda Motor Listrik Karya Fabrizio Cross

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 08 Dec 2017 11:08 WIB
modifikasi motor
Electrom, Sepeda Motor Listrik Karya Fabrizio Cross
The light electric vehicle atau kendaraan listrik ringan karya Fabrizio Cross. Rideapart

Kanada: Tren kendaraan listrik tidak hanya terjadi dan diaplikasikan oleh pabrikan otomotif besar. Penggiat otomotif asal British Columbia, Kanada, bernama Fabrizio Cross, membangun sepeda motor listrik dalam upayanya mengikuti perkembangan tren tersebut.

Dilansir dari Rideapart, Cross mulai mengerjakan sepeda motor listriknya sejak 20 tahun yang lalu, dan baru-baru ini mantan pemilik toko sepeda itu memamerkan hasil karyanya yang dijuluki Electrom, di situs Newatlas.

Platform Electrom merupakan sepeda yang menggabungkan tenaga pedal dengan generator dan motor hub berkapasitas 500 watt. The light electric vehicle (LEV) atau kendaraan listrik ringan itu dibekali baterai 72V / 20Ah yang mampu menjangkau jarak sejauh 80 km. 

Menurut Cross, dalam uji coba selama 18 bulan terakhir, Ia telah melakukan perjalanan sejauh 4.000 km, yang dilakukannya sambil beraktivitas membawa belanjaan dan terkadang membawa penumpang di kursi belakang. 

Kecepatan minimun Electrom 10 km per jam, didapat melalui kayuhan engkol pedal yang menggerakkan rantai. Untuk mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi, rantai freewheels digerakkan melalui generator. Peraturan di Kanada membatasi sepeda listrik untuk kecepatan tertinggi 30 km per jam.

Saat ini, prototipe Electrom terbuat dari berbagai bahan ringan seperti Kevlar, fiberglass, carbon fiber, dan triplek. Cross berharap hasil karyanya bisa masuk ke tahap produksi. 

Upaya untuk menarik perhatian sejumlah pihak dilakukannya dengan berkampanye crowdfunding pada musim semi tahun depan, dengan kemungkinan penambahan komponen yang lebih canggih. Cross memperkirakan untuk memproduksi satu unit Electrom USD8.000 atau sekitar Rp108 juta.

"Bingkai produksi akan terbuat dari aluminium dan mungkin serat karbon. Saya menggunakan bahan dari material dari garasi saya. Ini hanya membutuhkan ide, waktu dan bahan."


(UDA)