Modifikasi Motor

Cleveland Kustom Stainless, Karya Indonesia yang Mendunia

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 30 Oct 2017 13:14 WIB
modifikasi motorcleveland cyclewerks
Cleveland Kustom Stainless, Karya Indonesia yang Mendunia
Motor ini seluruhnya terbuat dari bahan stainless steel. Pipe Burn

Metrotvnews.com: Karya-karya motor kustom hasil tangan kreatif builder Indonesia semakin diakui dunia. Gelaran yang menampilkan motor-motor kustom pun semakin marak belakangan ini.

Salah satu yang punya nama adalah Kustomfest, kontes motor kustom yang melibatkan juri luar negeri. Dan salah satunya motor kustom yang mendunia adalah Cleveland karya Kromworks ini.

Kami mendapati motor ini diulas pada website modifikasi Pipe Burn. Motor bergaya boardtracker ini tampil kinclong, dengan seluruh bahannya terbuat dari stainless steel.

"Konsepnya membuat motor ini bergaya boardtracker. Saya sempat bingung ide apa yang akan saya terapkan, saya ingin mengaplikasikan sebuah inovasi pada konsep ini, maka saya gunakan stainless steel diseluruh motor," kata Andika Pratama dari Kromworks.

Tantangan merancang motor ini adalah alur antara backbone dan lengan ayun. "Membuat frame dengan bahan stainless lebih susah ketimbang material lain, dan mengelasnya sangat menantang," katanya.

Perhatian berikutnya tertuju pada tangki. Andika membuat tangki bahan bakar menjadi dua yang digabungkan seolah-olah jadi satu kesatuan. Ruang antar tangki dimanfaatkan untuk menyimpan komponen elektrik, sehingga motor lebih bersih.

Andika mengaku bangga dengan komponen lampu, lengan ayun dan suspensi depan karena dikerjakan manual dengan tangannya. "Saya membuatnya sendiri, tanpa bantuan mesin CNC atau lainnya," jelasnya.

Tak heran jika motor bermesin 250cc ini mendapatkan gelar Best Kustom Bike pada gelaran tahunan tersebut. 


(UDA)