Modifikasi Motor

Pakai NOS, Inikah BMW R1200GS Terkencang di Dunia?

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 08 Aug 2017 11:10 WIB
modifikasi motor
Pakai NOS, Inikah BMW R1200GS Terkencang di Dunia?
Knalpot, tuning ECU dan suntikan NOS jadi komponen penambah stamina mesin. Advpulse

Metrotvnews.com: Dengan mesin 1.200 cc tenaga yang dihasilkan motor adventure BMW R1200GS sudah lebih dari cukup untuk menjelajah berbagai medan. Jika ingin upgrade performa, penggunaan knalpot aftermarket dan piggyback sudah lebih dari cukup.

Trev Richter, salah seorang pengguna motor ini ingin membuatnya tak cuma lebih bertenaga tapi juga jadi yang tercepat di dunia untuk R1200GS. Melaju dengan kecepatan lebih dari 270 km/jam dengan motor adventure tentu saja ide diluar nalar.

Namun itulah yang dilakukan Trev. Demi mencapai ambisinya, motor jangkung miliknya itu dimodifikasi besar-besaran, lantaran terinspirasi dari temannya yang kerap melaju lebih dari 300 km/jam dengan BMW S1000RR miliknya.

"Kenapa 1200GS? Karena saya suka menungganginya, tak ada yang mencoba sebelumnya dan inilah yang membuatku bersemangat. Saya ingin motor yang bisa dipakai latihan, bertualang dan ngebut sekaligus," kata Trev.

Lalu apa modifikasi yang dilakukan Trev? Penggunaan NOS (nitrous oxide system) sebagai doping mesin agar lebih bertenaga, dipadu knalpot Remus HexaCone dan ECU yang di-tuning ulang.

Penyesuaian lain terdapat di gardan motor BMW lain yang punya gir sesuai untuk modifikasinya. Kemudian penggunaan ban Continental dengan pelek jari-jari yang khusus untuk kecepatan tinggi.

Alhasil jika hendak bertualang, Trev memasangkan motornya dengan segala aksesoris pendukungnya, lalu melepasnya jika dirinya hendak melaju dalam kecepatan tinggi di dalam area tertutup.


(UDA)