Membuat Toyota Corolla KE10 Lebih Bertenaga

M. Bagus Rachmanto    •    Selasa, 27 Dec 2016 14:14 WIB
modifikasi mobil
Membuat Toyota Corolla KE10 Lebih Bertenaga
Toyota Corolla AE86 ikonik 1966. Superstreet

Metrotvnews.com: Mobil retro klasik memang tidak ada 'matinya'. Termasuk mobil Toyota Corolla AE86 ikonik keluaran 1966 kepunyaan William Estrada. Penampakannya mampu memunculkan nostalgia pada masa lalu.

Sang pemilik menemui banyak kendala untuk menjadikan penampilan Toyota Corolla AE86 tersebut seperti sekarang. Mobil dengan kode mesin KE10 ini merupakan keluaran 1966. Sehingga sangat sulit untuk mendapatkan spare parts asli. 



Pemilih memerlukan waktu dua bulan untuk menemukan molding karet kaca depan. Selain itu, Estrada mendatangkan bagian interior seperti jok belakang dari Jepang. Sementara itu, pemulihan bagian bodi dilakukan sesuai spesifikasi pabrikan. 

Meski bergaya retro klasik, Estrada ingin membuat mobilnya tetap berperforma. Mesin asli KE10 1.100 cc ditukar dengan mesin 20-valve 4A-GE bersumber dari Corolla akhir 90-an, Untuk mengekstrak tenaga lebih, ia memodifikasi high-flow manifold dari Kakimoto Racing exhaust. 



Biar lebih nyaman saat ditunggangi, Estra mengubah bagian rem depan. Pemilihan pelek SSR MKIIs yang dilakukan Estrada dirasa sangat cocok. Sebab mampu memberikan tampilan dan nuansa dari KE10 yang old school. 


(HIL)