Modifikasi Motor

Suzuki Hayabusa Spec Down jadi 223 cc

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 25 Sep 2017 12:35 WIB
modifikasi motor
Suzuki Hayabusa <i>Spec Down</i> jadi 223 cc
Dengan bodi kustom, banyak mata tertipu melihatnya. GM Custom

Metrotvnews.com: Seburuk-buruknya kondisi Suzuki Hayabusa, motor ini tetaplah punya mesin yang mampu membuat pengendaranya melaju cepat. Wajar karena image motor ini punya mesin kencang dan bertenaga.

Motor ini bisa mencapai kecepatan puncak 300 km/jam. Makanya banyak pula yang menggunakan mesin Hayabusa untuk balap atau ajang pemecahan rekor kecepatan, dengan sejumlah modifikasi yang dilakukan.

Tapi bisa jadi inilah Hayabusa lambat yang pernah ada. Tenaganya hanya 20 daya kuda, torsi pun cuma 19,7 Nm. Sudah pasti kecepatan puncaknya agak susah mencapai 150 km/jam.

Tak perlu heran karena ini Hayabusa jadi-jadian, hasil Hero Karizma yang dimodifikasi. GM Custom, rumah modifikasi di India yang menyulap motor touring ini menjadi Hayabusa, dengan bodi kustom yang mirip versi aslinya.

Sekilas memang mirip, tapi kala diperhatikan maka ini Hayabusa Palsu. Lihat suspensi depan yang model teleskopic, cakram ganda diroda depan salah satunya hanya dummy. Cakram belakang bawaan Karizma.

Tapi totalitasnya patut diacungi jempol, spidometer lengkap dengan penunjuk kecepatan hingga 280 km/jam. Di bagian segitiga atas dekat setang pun digrafis logo Hayabusa.

Hero Karizma sendiri punya mesin 223cc, yang hanya mampu mencapai kecepatan puncak 126 km/jam, dan mesin tersebut dibiarkan standar pada Hayabusa palsu ini. Sebuah karya yang menarik dan mampu menipu banyak orang.


(UDA)