Modifikasi Motor

Kawasaki Ninja 250 Anut Aliran Cafe Racer

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 04 Oct 2018 14:37 WIB
modifikasi motor
Kawasaki Ninja 250 Anut Aliran Cafe Racer
Kawasaki Ninja 250 tahun 2010, sekarang tampil pede dengan konsep Cafe Racer. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Bekasi: Kawasaki Ninja 250 sejatinya sebuah motor yang bermain di segmen sport. Meski banyak acuan modifikasi yang membuatnya lebih pantas, namun pria yang bernama Sabian Laras Mahardika ini malah berani keluar dari pakem motor sport, dan memilih konsep modifikasi di genre cafe racer.

Berbincang dengan Medcom,id, Sabian mengaku aliran modifikasi yang keluar dari pakem motor sport itu karena ingin punya tampilan motor yang berbeda dibanding lainnya.

Bermodalkan Kawasaki Ninja 250 keluaran 2011, Ia pun mengaplikasi model yang tak biasa pada motornya itu. "Awalnya karena bosan dengan model yang ada, dan ingin tampil beda saat turing," ucap Sabian, beberapa waktu lalu.

Konsep cafe racer didapat, setelah berkonsultasi dengan Ade spesialis bodi custom, dan Yosi spesialis mesin dari bengkel modifikasi Bengbrand di kawasan Bekasi Timur, Jawa Barat.

"Hal yang agak sulit adalah mengaplikasikan kaki-kaki KLX 150, karena as roda belakang harus dibubut untuk menyesuaikan ke tromol KLX-nya," ungkap Ade.

Penggarapan awal dilakukan pada sasis, dengan memotong dan menambahkan pipa seamless satu inci. Tangki, cover kanan-kiri, bodi belakang hingga sepakbor dirubah menggunakan bahan plat.

"Untuk mesin, hanya diberi sedikit sentuhan yaitu porting dan polish. Tujuannya agar tarikan lebih enteng, sesuai permintaan san pemilik yang lebih memfokuskan pada tongkrongan cafe racer-nya," kata Yosi.

Data modifikasi
Bodi                       : Custom
Setang                   : Acerbis
Pelek                     : Rossi XD 3,00 dan 3,50
Ban                        : Swallow 4.00 - 17
Knalpot                 : Custom LeoVince Stainles
Lampu-lampu      : Variasi
Jok                         : Custom
Speedometer       : Yamaha Mio Fino
Tromol Belakang : Kawasaki KLX 150 cc
Foot Step              : Custom
Biaya modifikasi  : Rp15 Jutaan


(UDA)