Lucunya VW Kombi Imut ala California

Ainto Harry Budiawan    •    Selasa, 29 Nov 2016 13:10 WIB
Lucunya VW Kombi Imut ala California
VW Kombi T1 Samba imut garapan bersama empat rumah modikasi.

Metrotvnews.com, California: Volkwagen (VW) Kombi meraih popularitasnya karena interiornya yang lapang dan mudah perawatannya. Penggemarnya di seluruh dunia sebagian besar menggunakannya untuk bepetualang, wisata juga berkemah. Baik yang dilakukan seorang diri atau beramai-ramai.

Namun di tangan Gas Monkey Garage, mobil yang di Indonesia dijuluki 'roti tawar' karena bentuknya mirip roti tawar ini malah dibuat pendek. Meski interior luasnya jadi hilang, namun toh VW Kombi produksi 1964 ini tetap menarik perhatian. Bahkan punya keunikan yang berbeda, imut dan lucu.



Ketika tiba dibawa pemiliknya ke bengkel Gas Monkey Garage di Kalifornia, kondisi fisik VW Kombi Type 1 Samba ini sama seperti 'teman-teman seangkatannya'. Body penuh dempul, sasis keropos akibat dimakan karat, mesin hilang, kaca pecah dan interior berantakan.

Layaknya mobil tua, bila direstorasi sudah pasti memakan biaya tinggi. Jauh lebih tinggi dibanding harga mobilnya. Belum lagi perburuan komponen asli yang memakan waktu meski sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mobil dengan populasi dan popularitas tinggi seperti VW Kombi.



Untungnya -bila bisa disebut demikian- dana restorasi yang pemilik mobil bisa sediakan sangat terbatas. Tim modifikator yang juga ogah menghasilkan karya yang 'sudah terlalu mainstream' lalu menawarkan solusi murah meriah, yaitu tampilan ala hot rod. Namun bukan memangkas pilar seperti hot rod pada umumnya, melainkan memangkas sasis dan body yang kebetulan sudah keropos.

Seperti ditulis silodrome.com, tim Gas Monkey Garage berkolaborasi dengan rumah modifikasi Wagon West serta Wolfsburg dan Black Mountain untuk urusan suspensi dan desain interior. Sedangkan mesin 2.0 liter dan transmisi manual 4 percepatan dipasok oleh Luck Fabshop.



Ada banyak sebutan untuk VW Kombi yang mulai diproduksi sejak awal 1950-an. Penggemarnya di Amerika Serikat (AS) mengenalnya sebagai Micro-Bus dengan Bus sebagai panggilan akrabnya. Sedangkan nama Samba untuk varian dua warna.

Sementara penggemar yang di Inggris mengenalnya sebagai Camper. Nama asli yang diperkenalkan pabriknya di Jerman dan Brazil adalah Transporter. Nama ini bertahan hingga 1980-an. Generasi barunya selanjutnya menyandang nama Caravelle.

 
(LHE)