Kisah Unik

Tiger 5-Silinder made in Purwokerto akan Mejeng di Jepang

Ekawan Raharja    •    Kamis, 24 Nov 2016 19:47 WIB
kontes modifikasi
Tiger 5-Silinder <i>made in</i> Purwokerto akan <i>Mejeng</i> di Jepang
Adib akan memamerkan Naga Lima di Yokohama Hotrod Custom Show ke-25. SM

Metrotvnews.com, Jakarta: M Yusuf Adib akan bertandang ke Yokohama Hot Rod Custom Show ke-25 di Jepang pada 3 Desember. Kehadirannya tak sekadar kunjungan. Adib akan unjuk gigi dengan menampilkan sepeda motor kreasinya kepada khalayak negara matahari terbit itu.

Perjalanan Adib menuju Jepang tidak instan. Bahkan, pria asal Purwokerto tersebut harus menanti hingga 10 tahun untuk bisa menunjukan hasil karya ke mancanegara.

Spesialis custom engine itu memulai langkah sebagai builder sejak 2006. Karya awalnya berupa skuter Vespa bermesin 2-tak yang diubah menjadi mesin 4-tak. Ia mengambil tindakan itu agar skuter Vespa punya suara merdu dan lebih halus saat digunakan.

“Saya mulai percaya diri setelah riset mesin Vespa menjadi 4-tak. Selanjutnya, saya mulai berkreasi dengan custom berbagai model mesin mulai 2 silinder dan 3 silinder segaris. Selain itu, saya juga berkreasi di model L-engine yang mengandalkan basis mesin dari motor-motor lokal,” ujar pria kelahiran 1979 tersebut melalui surat elektronik ke Metrotvnews.com, Rabu (23/11/2016).

Eksperimen lain yang melambungkan nama Adib di kancah custom bike adalah membuat Honda GL100 bermesin 3-cylinders Head. Beragam kesulitan ditemui Adib saat mendesain ulang mesin dari 1-cylinders menjadi 3-cylinders. Termasuk ketika merancang ulang posisi engine mounting untuk sasis GL100.

Namun, Adib tetap berhasil dengan GL100 bermesin 3-cylinders Head. Setelah itu, dia berniat membuat mesin dengan 5-cylinders. Namun dewi fortuna tak menaunginya dalam usaha tersebut. Ia terkena musibah kebakaran dan menghanguskan riset mesin dengan 5 silinder.

“Proses membangun mesin 5-cylinders ini banyak rintangan. Bengkel saya terbakar dua tahun lalu,” lanjutnya.

Usai terkena musibah kebakaran, dia pun pindah ke sebuah bengkel baru di daerah Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah. Di dalam bengkel seluas 300 meter persegi tersebut, dia memulai kembali mengeluarkan ide-idenya.

"Bengkel yang lama itu masih kontrak, cuma sebelum itu terbakar saya sudah beli sebidang tanah terlebih dahulu. Setelah kebakaran, saya memutuskan untuk pindah," bebernya saat dihubungi melalui telepon.

Toh, Adib mencoba bangkit dengan menyelesaikan proses pembangunan motor Honda Tiger 5-cylinders yang diberi nama Naga Lima. Ia pun harus mengulang kembali dari awal proses pembangunan mesin.

Awalnya Tiger lansiran 2002 ini memiliki kapasitas mesin 200 cc. Namun semenjak sepeda motor ini memiliki 5-silinder kapasitas mesin melonjak menjadi 600 cc.

Kerja keras Adib menggarap motor ini berbuah hasil maksimal. Proyek itu menjadikannya sebagai The Greatest Suryanation Motorland 2016. Sebagai ganjarannya, dia berhak ke Yokohama Hotrod Custom Show ke-25 untuk memamerkan Naga Lima.

“Mengharumkan nama Indonesia lewat karya yang saya buat menjadi cita-cita sejak lama. Mimpi itu sekarang ada di depan mata saya,” tutup Adib.


(HIL)