Modifikasi Motor

Candu KTM Tracker Gaya Vintage

Rifki Rahman    •    Senin, 24 Jul 2017 21:27 WIB
modifikasi motor
Candu KTM Tracker Gaya Vintage
KTM ini tampil pede dengan gaya flat tracker.

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi penggemar gaya custom flattracking terancam hanya menjadi tren musiman karena kemunculan produk baru dengan model baru. Apalagi kategori itu dirasa sangat sedikit dan tidak dapat mendobrak popularitas.

Bagi pecinta motor model ini biasanya mengutamakan mesin natural bawaan dan mempertahankan model bawaan pabrik tanpa adanya tambahan aksesoris layaknya motor motor kini.

Seorang perancang modifikasi bernama Carlos yang bermarkas di Vintage Addiction Crew, Barcelona, berani menggabungkan model motor tracker. Terinspirasi dari perancang Italia Oberden Bezzi dengan KTM GS6 yang telah diubah dari bentuk awal EXC250 pada tahun 2004.

Untuk bagian rangka Carlos merancangnya sendiri menggunakan bahan stainless zorst karena ingin mendapatkan bentuk sesuai dengan kemauannya sendiri. Dengan model knalpot kolong kemudian di-cat kembali dan dilapisi serat karbon lalu sejajar di bawah sebelah kanan body. Knalpot ini dilengkapi dengan silencer berdiameter cukup besar agar tetap memiliki kesan kekinian.

Bagian velg memilih merk Alloy berukuran 19 inci dengan ukuran standar di depan, dan ukuran lebih besar untuk bagian belakang. Model ban yang digunakan adalah ban Flatpass Mitas.

Menurutnya bahan dari ban ini basicly soft dan cocok di jalanan umum dan sangat klop dengan tampilan kaliper rem depan untuk mempertahankan sisi cool street tracker.

Suspensi dibuat lebih rendah dari bawaan standarnya seperti yang ada dalam metode balap milik Health Robinson. Dan pemilihan peredam kejut depan bagian didapat dari CGR suspension shop. Semua perubahan ketinggaian dan pengaturan suspensi ini disetarakan untuk dapat pas menopang bobot Carlos.

Bagian finishing, perubahan paling jelas ada pada bodywork yang menyerupai KTM GS6 125. Frame belakang dirubah untuk dapat menopang bagian jok dengan warna yang berpadu dengan swing arm. Tangki dan dudukan plat nomor berasal dari GS6 namun pengaman radiatornya perlu dibuat ulang agar presisi dengan air cooled two-strokes seperti bentuk aslinya.

Perpaduan antara MX dan Flattrack ada dalam konsep motor ini yang dibuat cukup moden namun memiliki gaya retro yang berkelas. Perubahan yang dialami motor ini bukan hanya kembali bisa mengaspal namun seperti meggabubngkan dua motor ke dalam satu bentuk.


(UDA)