Andai 'Tetangga Mr. Bean' Ikut The A-Team

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 11 Jun 2017 08:33 WIB
Andai 'Tetangga Mr. Bean' Ikut The A-Team
Reliant Rugged Robin hasil modiifkasi Bernard Reeves. dailymail.co.uk

Metrotvnews.com: Di dalam serial televisinya, Mr. Bean dikisahkan memiliki tetangga yang selalu dia bully. Tetangga yang sosok tak pernah terlihat itu, digambarkan berkendara blind van Reliant Robin warna biru pucat. Mobil beroda tiga itu sasaran bully.

Mungkin bully paling sarkarme adalah Jeremy Clarkson dalam episode khusus Top Gear pada akhir 2010. Jurnalis otomotif BBC itu berkali-kali terguling ketika sedang mengendarai Reliant Robin dan beberapa stunt selebriti membantu menegakkan kembali mobilnya. Konon sejak itulah banyak Reliant Robin ditelantarkan pemiliknya.

Bernard Reeves, seorang veteran modifator yang berdomisili di East Sussex, Inggris, tidak terima dengan segala olok-olok itu. Bagaimana pun Reliant Robin layak dihormati karena asli made in England dan berperan dalam sejarah sosial Inggris. Maka ketika seorang tetangganya membuang Reliant Robin, langsung Reeves ambil.

"Saya akan memodifikasinya, memasang asesoris yang cocok lalu mengendarainya untuk bersenang-senang," ujar Reeves sebagaimana dikutip dari dailymail.co.uk.

Misinya adalah menegaskan bahwa mobil yang dijuluki the worst car itu sebenarnya tangguh di segala medan. Mengambil inspirasi dari film serial The A-Team yang para veteran perang jagoannya selalu memodifikasi kendaraan sipil dengan perlengkapan tempur, Reeves pun mau mobil lungsurannya tak cuma sangar namun juga mampu melaju di segala medan layaknya kendaraan militer.



Maka dua roda belakangnya digantinya dengan sepasang roda rantai milik van Bedfort versi salju dan dihungkan dengan gearbox Land Rover. Koil suspensi roda depannya dicomot dari Honda 90. Di buritannya terdapat motor tempel kecil yang membuat Rugged Robin tampil ala kendaraan amfibi.

"Mesinnya masih bawaan asli, 850 cc. Di atas lumpur masih bisa berlari 50 km/jam lho," bangga Reeves.

Cat hijau tua kusam memancarkan gaya military look. Sentuhan akhirnya adalah dua senapan mesin Vickers dan Browning 50 di pilar tengah serta samping pengemudi. Bila sudah begini, apa Mr. Bean masih berani mem-bully?



Model pertama Robin diluncurkan pada 1973 dengan body fiberglass mesin empat silinder 750 cc. Generasi berikutnya yang diperkenalkan dua tahun kemudian, mengusung mesin 850cc. Robin juga diproduksi di Yunani dan India dengan lisensi dari Inggris.

Robin yang diproduksi hingga 2001, mencapai puncak popularitasnya ketika sedang berlangsung krisis minyak global pada akhir '70-an hingga pertengahan '80-an. Robin jadi favorit warga pekerja di kota-kota industri dan UMKM Inggris karena irit bahan bakar dan lajunya cukup kencang karena body yang ringan.

 
(LHE)