Modifikasi Motor

Vespa Kayu, Angkat Budaya Ukir Jepara

Ahmad Garuda    •    Senin, 09 Oct 2017 11:08 WIB
modifikasi motor
Vespa Kayu, Angkat Budaya Ukir Jepara
Vespa kayu yang tampil nyentrik di ajang Kustomfest 2017.. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Melihat sosok Vespa kayu yang satu ini, memang cukup menakjubkan. Semua orang yang lalu-lalang di depan ruang pamer Wood Ruli Custom di Kustomfest 2017 Yogyakarta (7-8/10/2017) terkesima dengan motor vespa sudah menggunakan bodi kayu yang diukir.

Ukirannya pun cukup otentik, karena mengambil cara ukir ala seniman ukir Jepara. Sekujur bodi motor tersebut sudah dibalut dengan kayu yang dibuat sedemikian rupa. Sehingga motor kayu ini terlihat nyentrik dengan ukiran khasnya, tanpa menghilangkan ciri khas Vespa hingga bentuknya yang unik.

"Saya kan berasal dari Jepara dan saya melihat belum ada yang menggunakan custom body seperti ini. Makanya saya buat prototipenya dan akhirnya bisa saya ikutkan di ajang Kustomfest ini. Motif ukiran sengaja saya ambil bukan khas Jepara, agar bisa terlihat. Kalau motif Jepara terlalu kecil, sehingga tak akan terlalu nyentrik," ujar Ruli sang desainer dan pemilik Wood Ruli Custom.

Pria ramah itu mengakui bahwa sebenarnya Vespa kayu itu sudah mereka garap sejak tahun lalu. Namun baru tahun ini bisa dipajang sepenuhnya di ajang Kustomfest. Ia menyebutkan bahwa pengerjaan motor nyentrik ini butuh waktu sekitar 4 bulan sejak pertama kali membuat konsepnya.

"Awal pembuatan konsep ini ke motor memang sangat sulit. Karena kami tidak serta merta menggunakan kayu sebagai pengganti bodi. Kami pernah mencobanya, tapi ternyata kemungkinan patahnya sangat besar. sehingga solusinya tetap menggunakan bodi Vespa yang utuh, kami hanya menambahkan kayu berukiran dengan potongan-potogan kecil lalu kami jahit."

Cara pasangnya pun dilakukan seperti halnya menyusun batu bata dengan teknik puzzle. Sehingga tempelannya bisa kokoh dan membuat pola ukiran lebih terlihat rapi. Namun Ruli menegaskan bahwa ini hanya Ia lakukan untuk bidang bodi motor yang memungkinkan aman.

Untuk urusan teknis seperti ruang mesin, pelek hingga hal-hal teknis lain yang berhubungan dengan sistem safety, tidak akan mereka sentuh.

Selain mengaplikasi konsep unik ini di motor Vespa, Ruli mengaku siap untuk membuat ide yang sama di bidang bodi kendaraan yang lebih sulit. Bahkan tidak menutup kemungkinan membuat desain ukir kayu di bodi mobil. Kita tunggu karya uniknya!



(UDA)