Modifikasi Motor

Moto Guzzi V7 II Stone Tinggalkan Genre Street Bike

Ahmad Garuda    •    Sabtu, 06 May 2017 16:40 WIB
modifikasi motor
Moto Guzzi V7 II Stone Tinggalkan Genre Street Bike
Iconic bike Suryanation Motorland yang mengalami perubahan sebesar 80 persen. MTVN/Ahmad Garuda

Metrotvnews.com, Jakarta: Membangun sebuah motor, memang tak mematok pola persentase genre yang ingin mereka bangun. Selama estetika terjaga, fokus di fungsionalitas hingga mampu menghadirkan sesuatu yang baru, maka itu adalah sesuatu yang baru. Seperti yang terlihat di Moto Guzzi V7 II Stone yang satu ini.

Motor tersebut merupakan garapan dari kolaborasi beberapa builder di Suryanation Motorland 2016 lalu. Mereka dipercaya mengubah motor sesuai dengan konsep yang mereka terapkan lantaran motor ini bakal diboyong sebagai iconic bike di beberapa kota penyelenggaraan event milik perusahaan rokok itu.

"Sebelum kami memutuskan untuk pakai konsep apa di motor ini, kami terlebih dahulu membongkar motor ini. Setelah melihat beberapa konstruksinya, ada beberapa hal yang tak bisa kami ubah. Akhirnya kami putuskan ubah potongannya jadi klasik. Tapi juga tidak klasik sekali. Melainkan mengadopsi model klasik kontemporer," klaim Bimo Hendrawan yang merupakan builder yang membangun motor tersebut.

Setelah mendapat gambaran umum dan konsepnya, lanjut Bimo, barulah mereka membuat timer plan dan mengerjakan sesuai dengan garis ketatnya waktu pengerjaan. Bimo menyebutkan, bahwa perubahan yang ada di motor tersebut, skalanya mencapai 80 persen.

"Untuk perubahan, kami anggap benar-benar membangun motor ini dari awal. Hanya ada beberapa filosofi yang tidak kami ubah, termasuk spesifikasi motor, driving mode, hingga konfiguasi dan model rangka. Makanya ada beberapa hal yang terlihat sama, termasuk saat kita berada di atasnya. Posisi kaki ke footstep masih sama seperti saat motor ini belum dibangun."

Bagian yang berubah paling signifikan dan kasat mata, sudah pasti terlihat di genre yang mereka usung. Yaitu dari genre street bike ke genre cafe racer kontemporer. Motor ini juga tentunya melalui serangkaian pengetesan baik dari sisi ketahanan komponen hingga kenyamanan motor untuk dikendarai.

Beberapa komponen juga digunakan yang cukup stylish. Seperti model lampu utama yang terlihat sangat futuristik hingga model lampu belakang yang tak lagi terlihat kaku.


(UDA)