Modifikasi Motor

Vespa Tank Mejeng di ISF 2017

Patricia Vicka    •    Minggu, 24 Sep 2017 07:44 WIB
modifikasi motor
Vespa Tank Mejeng di ISF 2017
Vespa yang mengadopsi gaya mobil tank ini, jadi sorotan banyak pengunjung ISF. MTVN/Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Sebuah motor Vespa menyerupai mobil tank mini terparkir di halaman depan Jogja Expo Center, Bantul DIY. Motor vespa Super keluaran 81 ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa seperti alutsista perang TNI AD.

Warnanya dicat hijau loreng hitam. Di bagian samping kiri ditambah senjata laras panjang mirip tembakan meriam. Di samping motor ditambahkan Sespan kursi tambahan untuk mengangkut penumpang. Sementara rodanya diubah seperti roda mobil tank tentara.

Vespa ini sedang dipamerkan dalam perlombaan vespa antik di Indonesia Scooter Fetival (ISF) 2017. Disampingnya nampak ratusan vespa beragam bentuk turut dipamerkan dari mulai vespa jadul keluaran tahun 50 dan 60 seperti jenis lambreta, Bajaj, Exel, Super hingga vespa modern yang sudah bermesin matic.

Pemilik vespa tank, Suradiono menjelaskan, ia sengaja menyulap vespa menjadi sespan tank untuk keperluan kontes. Pria yang merupakan anggota provos di Kodim Wonosobo ini memang menyukai motor vespa.

"Vespa adalah sarana saya bergaul dan membaur dengan anak muda. Saya sengaja memodifikasi vespa super 81 saya jadi sespan untuk mengedukasi orang soal dunia militer," ujarnya pada Metrotvnews.com di Yogyakarta, Sabtu 23 September 2017.

ISF adalah event besar para komunitas vespa se Indonesia. Acara ini berlangsung selama dua hari yaitu Sabtu-Minggu 23-24 September 2017 di JEC. Ketua Panitia Acara, Dwi Yudha Danu menjelaskan acara ini digagas oleh 20 komunitas vespa dan dua klub vespa di DIY. Tujuannya untuk saling mengakrabkan persaudaraan sekaligus edukasi soal vespa diantara skuteris (pecinta vespa).

"Ada 22 komunitas dan 20 klub scooter dari berbagai kota yang datang. Bahkan ada pula scoterist asal Prancis, Italia, Malaysia dan Thailand yang hadir," kata Dwi.

Panitia menargetkan acara ini dihadiri 15 ribu pengunjung. Selain kontes vespa beragam acara disuguhkan untuk memeriahkan acara diantaranya pentas musik, dan ada lucky draw berupa satu unit vespa VBB tahun 1964 bagi pengunjung yng beruntung.


(UDA)